𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐓𝐚𝐧𝐝𝐚𝐭𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧𝐢 𝐁𝐀𝐒𝐓 𝐒𝐞𝐫𝐚𝐡 𝐓𝐞𝐫𝐢𝐦𝐚 𝐏𝐉𝐔-𝐓𝐒, 𝟐𝟎𝟐𝟑 𝐓𝐞𝐫𝐩𝐚𝐬𝐚𝐧𝐠 𝟑𝟓𝟎 𝐓𝐢𝐭𝐢𝐤 𝐏𝐉𝐔-𝐓𝐒 𝐬𝐞 𝐊𝐨𝐭𝐚 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST) Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) diacara peresmian dan serah terima pemasangan PJU-TS di Kota Batam di Kampung Bagan Kelurahan Tanjung Piayu Kecamatan Sei Beduk, Minggu (17/12/2023). Jefridin juga menerima miniatur PJU-TS yang diserahkan oleh Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kepulauan Riau, Asman Abnur. Dilanjutkan dengan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya PJU-TS di Kampung Bagan Kecamatan Sei Beduk.

Pemasangan PJU-TS ini merupakan program Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia bersama dengan Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kepri, Asman Abnur.

“Saya atas nama Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi mengapresiasi dan berterimakasih kepada Kementerian ESDM dan Pak Asman Abnur selkau Anggota DPR RI yang telah memperjuangkan Batam khususnya dan Kepri umumnya untuk pemasangan PJU-TS ini,” ujarnya.

Pada tahun 2023 jumlah PJU-TS yang terpasang di Kecamatan Sei Beduk pada sebanyak 28 titik. Sementara jumlah PJU-TS yang dipasang di Kampung Bagan berjumlah 4 titik. Sedangkan se Kota Batam PJU-TS di pasang di 350 titik yang tersebar di 12 kecamatan se Kota Batam. Sejak tahun 2020 PJU-TS yang terpasang hingga saat ini berjumlah 940 unit.

“Kebutuhan PJU-TS di Batam berjumlah 15 ribu titik, yang sudah terpasang 2 ribu titik. Dan sudah terpasang melalui Kementerian ESDM sebanyak 940 PJU-TS sejak tahun 2020. Pemko Batam berharap berharap ada penambahan ke depannya. Dari usulan masyarakat, kami akan menyurati Kementerian ESDM agar PJU-TS dapat terpasang dititik-titik yang urgent,” katanya.

Anggota Komisi VII DPR Asman Abnur di kesempatan yang sama menjelaskan, saat ini Kota Batam mengalami perkembangan yang pesat, pembangunan-pembangunan infrastruktur juga terus digalakkan. Ia berterima kasih khususnya kepada Kementerian ESDM yang sudah merealisasikan usulan masyarakat, yaitu penerang jalan lampu surya ini. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang telah mendukung program kerjanya selaku anggota DPR RI Dapil Kepri.

“Mudah-mudahan ini menjadi sesuatu yang bermanfaat buat masyarakat Kita semua. Kita harus mendukung program Kementerian ESDM, melalui energi baru terbarukan ini,” ujar Asman.

Sekretaris Direktorat Jenderal EBTKE, Sahid Junaidi menyampaikan Kementerian ESDM berupaya menghadirkan energi terbarukan salah satunya melalui PJU-TS. Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal EBTKE terus meningkatkan pembangunan infrastruktur berbasis energi baru terbarukan guna mendorong capaian target bauran EBT sebesar 23% pada tahun 2023 dan penurunan emisi nol karbon (Net Zero Emission/NZE) pada tahun 2060.

“Program pemasangan PJU-TS ini merupakan salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan. Melalui aspirasi yang disampaikan Pak Asman Abnur, sejak tahun 2020 sudah terpasang 940 unit PJU-TS se Provinsi Kepri. Ini dilakukan secara konsisten setiap tahunnya,” ujarnya.

Ketua RW 09 Kampung Bagan, Dian Arniandi mewakili warga penerima manfaat menyampaikan ucapkan terimakasih atas bantuan PJU-TS. Untuk Kampung Bagan ada empat titik PJU-TS yang dipasang.

“Semoga ke depan Kampung Bagan bisa terang benderang. Karena penerangan ini betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat,” tuturnya.(*)

 

Mungkin Anda juga menyukai