𝐑𝐚𝐲𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐇𝐔𝐓 𝐘𝐉𝐈 𝐊𝐨𝐭𝐚 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐊𝐞-𝟒𝟐, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐨𝐬𝐢𝐚𝐥𝐢𝐬𝐚𝐬𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐀𝐤𝐭𝐢𝐟𝐢𝐭𝐚𝐬 𝐆𝐞𝐫𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭 𝐇𝐢𝐝𝐮𝐩 𝐒𝐞𝐡𝐚𝐭

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kota Batam ke-42 Tahun di Lapangan Sekolah MA USB Filial MAN Batam, Bengkong Laut, Minggu (17/12/2023).

“Atas nama Wali Kota Batam saya menyampaikan selamat atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai bentuk peringatan HUT YJI Kota Batam ke-42,” ucapnya.

Dijelaskannya bahwa kesehatan sangat penting, itu lah alasannya Pemko Batam menggalakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Berdasarkan Intruksi Presiden No. 11 Tahun 2011 kegiatan Germas meliputi, peningkatan aktifitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat.

“Terimakasih YJI Kota Batam sudah menyelenggarakan kegiatan senam sehat ini. Karena kegiatan senam sehat ini merupakan salah satu pilar dari Germas, yakni melaksanakan aktifitas fisik,” jelasnya yang hadir bersama dengan Ketua DWP Kota Batam, Hariyanti Jefridin.

Ia juga mengajak agar peserta melakukan pengecekan kesehatan yang diselenggarakan oleh YJI Kota Batam. Menurutnya pemeriksaan kesehatan ini penting sebagai bentuk pencegahan.

“Mari Kita rutin periksakan kesehatan tubuh Kita. Seperti hari ini ada pemeriksaan gula darah. Ini sangat baik sekali. Minimal lakukan pengecekan kesehatan enam bulan sekali,” sebut Ketua Tim Pembina Kota Sehat Kota Batam ini lagi.

Ketua Yayasan Jantung Sehat Indonesia Kota Batam, Haryanto mengungkapkan saat ini penyakit tidak menular sudah masuk ke tatanan masyarakat. Digelarnya senam sehat ini menurutnya salah satu bentuk pencegahan terhadap penyakit tidak menular.

“Yayasan jantung sehat ini merupakan pelopor gaya hidup sehat, Kita perlu menyeimbangkan gizi yang masuk ke tubuh Kita dan yang dibakar melalui aktifitas yang Kita lakukan. Germas salah satu bentuk aktifitas untuk menjaga kesehatan tubuh Kita,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Pemko Batam telah mendukung YJI Kota Batam dengan memberikan bantuan 600 jarum suntik untuk mengecek kadar gula darah. Pada tahun 2024 Pemko Batam membantu setiap penyelenggaraan senam jantung sehat seperti penyediaan

“Terimakasih dan apresiasi kepada Pemko Batam karena telah mendukung kegiatan Yayasan Jantung Sehat Indonesia dan Club Jantung Sehat. Semoga di tahun 2024 semakin banyak masyarakat yang ikut senam dan semakin banyak yang hidup sehat,” ucapnya.(*)

 

Mungkin Anda juga menyukai