𝐓𝐞𝐤𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐟𝐥𝐚𝐬𝐢, 𝐏𝐞𝐦𝐤𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐓𝐞𝐫𝐮𝐬 𝐔𝐩𝐚𝐲𝐚 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐫𝐯𝐞𝐧𝐬𝐢 𝐇𝐚𝐫𝐠𝐚 𝐊𝐨𝐦𝐨𝐝𝐢𝐭𝐢 𝐁𝐚𝐡𝐚𝐧 𝐏𝐨𝐤𝐨𝐤

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Berdasarkan Laporan Hasil Monitoring Pengendalian Inflasi Daerah Kota Batam Minggu I Bulan Desember 2023, atau terhitung Tanggal 4 hingga 8 Desember 2023 didapati sebanyak tiga komoditi bahan pokok yang mengalami penurunan harga. Diantaranya bawang merah di harga Rp 34 ribu perkilogram, daging ayam ras seharga Rp 30 ribu perkilogram dan telur ayam ras Rp 25 ribu perkilogramnya.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. sekaligus sebagai Ketua Harian Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam, di Kantor Walikota Batam, Senin (11/12/2023).

“Allhamdulilah terjadi penurunan harga dibeberapa komoditi bahan pokok jika dibanding minggu sebelumnya. Kita juga terus melakukan intervensi terhadap kenaikan komoditi pangan ini, salah satunya dengan kegiatan yang saat ini masih berlangsung yaitu Program Sembako murah Bersubsidi Tahap Tiga dari Pemerintah Kota Batam,” jelas Jefridin.

Diketahui pada Minggu I Desember ini terjadi pada komoditi bahan pokok gula pasir curah, cabe merah keriting, cabe rawit hijau, tepung terigu dan ikan kembung.

“Kita terus melakukan berbagai upaya penekanan kenaikan harga- harga ini, dimana untuk harga beras kita allhamdulilah dibanding daerah penghasil di daerah Jawa sana, kita masih di bawahnya,” tegasnya.

Jefridin menyampaikan, menurut data dari BPS Kota Batam terdata Inflasi Kota Batam pada bulan November 2023 disebabkan karena kenaikan harga dari tujuh indeks kelompok pengeluaran. Salah satunya yang terbesar dari kelompok makanan, minuman dan tembakau naik sebesar 2,03 persen.

“Pada bulan lalu (November 2023), Indeks Harga Konsumen Kota Batam menunjukkan inflasi sebesar 0,76 persen. Upaya menekan inflasi kedepan akan terus kita lakukan, kedepan masih ada pendistribusian sembako. Nanti melalui Dinas Perindustrian dan perdagangan Kota Batam, atau stakeholder terkait kita akan terus berkoordinasi di bawah arahan Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai