๐’๐จ๐ฌ๐ข๐š๐ฅ๐ข๐ฌ๐š๐ฌ๐ข ๐๐ข๐ฅ๐š๐ก ๐’๐š๐ฆ๐ฉ๐š๐ก, ๐”๐ฉ๐š๐ฒ๐š ๐๐ž๐ฆ๐ž๐ซ๐ข๐ง๐ญ๐š๐ก ๐๐ž๐ซ๐ฉ๐š๐ง๐ฃ๐š๐ง๐  ๐”๐ฌ๐ข๐š ๐“๐๐€ ๐๐ฎ๐ง๐ ๐ ๐ฎ๐ซ ๐๐š๐ง ๐„๐Ÿ๐ž๐ฌ๐ข๐ž๐ง๐ฌ๐ข ๐€๐ง๐ ๐ ๐š๐ซ๐š๐ง

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menghadiri Sosialisasi Pilah Sampah dari Rumah kepada masyarakat Kelurahan Sungai Pelunggut Sagulung, pada Selasa (21/11/2023).

Kegiatan yang ditaja Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Lingkungan Hidup ini, sebagai salah satu upaya memperpanjang usia Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Punggur, dan efesiensi anggaran.

โ€œBicara sampah, berbicara kehidupan kita sehari-hari. Masing-masing dari kita ini setiap hari memproduksi sampah, maka untuk memperpanjang usia TPA kita semua dimulai dari individu dan keluarga atau dari lingkungan rumah,โ€ katanya didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Herman Rozie.

Tuturnya, setiap individu menghasilkan sampah antara 0,7 s.d 0,9 kilogram sampah perhari. Jika penduduk di Kota Batam saja berjumlah lebih kurang 1,3 juta jiwa, maka dalam sehari masyarakat Batam menghasilkan hingga lebih kurang 1000 ton sampah. Katanya, total sampah tersebut masih di luar dari sampah pasar dan sampah industri di Kota Batam.

โ€œManfaat lain dari pilah sampah yaitu mengurangi produk sampah yang kita bawa ke TPA. Sehingga bisa mengefesiensikan anggaran, karena operasional pengangkutan itu butuh biaya. Juga mendatangkan peningkatan ekonomi ibu-ibu,โ€ ujarnya

Jelasnya, dengan pilah sampah masyarakat terutama ibu rumah tangga dapat menghasilkan pundi rupiah, yang dikelola melalui bank sampah. Jefridin meminta masyarakat dapat bersama mengatasi permasalahan sampah mulai dari rumah melalui pilah sampah, karena dapat mengurangi volume sampah hingga 40 persen dalam sehari.

โ€œBahwa kalau kita laksanakan pilah sampah dari rumah bisa mengurangi produk sampah sebanyak 40 persen,โ€ jelasnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai