๐’๐ž๐ฆ๐›๐š๐ค๐จ ๐Œ๐ฎ๐ซ๐š๐ก ๐๐ž๐ซ๐ฌ๐ฎ๐›๐ฌ๐ข๐๐ข ๐Œ๐š๐ฌ๐ข๐ก ๐๐ž๐ซ๐ฅ๐š๐ง๐ ๐ฌ๐ฎ๐ง๐ , ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐”๐ง๐ ๐ค๐š๐ฉ๐ค๐š๐ง ๐Ÿ.๐Ÿ”๐ŸŽ๐ŸŽ ๐๐š๐ค๐ž๐ญ ๐”๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐Œ๐š๐ฌ๐ฒ๐š๐ซ๐š๐ค๐š๐ญ ๐Š๐š๐ฆ๐ฉ๐ฎ๐ง๐  ๐’๐ž๐ซ๐š๐ฒ๐š ๐ƒ๐š๐ง ๐’๐ฎ๐ง๐ ๐š๐ข ๐‰๐จ๐๐จ๐ก

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ – Masyarakat Kelurahan Kampung Seraya dan Kelurahan Sungai Jodoh Kecamatan Batu Ampar berkumpul di Komplek Sumber Agung RT.002 RW.005 Kelurahan Sungai Jodoh untuk memperoleh sembako murah bersubsidi dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Selasa (7/11/2023). Masing-masing mereka sudah memiliki kupon yang akan ditukarkan dengan paket sembako murah bersubsidi senilai Rp50 ribu. Subsidi dari Pemko Batam terhadap paket sembako tersebut sebesar Rp57 ribu.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menuturkan pada kegiatan sembako murah putaran ke 2 di tahun 2023 ini, total paket sembako murah yang disiapkan untuk masyarakat Kota Batam berjumlah 76.830 paket. Secara simbolis Jefridin menyerahkan paket sembako murah bersubsidi itu kepada perwakilan masyarakat di dua keluarahan itu. Harapannya, dengan adanya subsidi ini dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

โ€œUntuk masyarakat di Kecamatan Batu Ampar, total paket sembako yang didistribusikan berjumlah 5.500 paket. Untuk di dua kelurahan ini, paket yang sudah disiapkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam sebanyak 2.600 paket sembako,โ€ ujar Jefridin mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam, Jefridin mengatakan subsidi dari Pemko ini sebagai bentuk komitmen dari Wali Kota Batam untuk meringankan beban ekonomi masyarakat Kota Batam. Karena setiap tahun Pemko Batam menganggarkan dana untuk melaksanakan kegiatan sembako murah bersubsidi ini. Paket sembako murah bersubsidi seharga Rp50 ribu ini terdiri dari 5 Kg beras merk Harumas, 1 Kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng.

โ€œMudah-mudahan dengan adanya bantuan subsidi dari Pemerintah ini dapat mengurangi pengeluaran masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok. Karena dari harga normalnya, masyarakat cukup membayar separuhnya saja untuk tiga komoditi itu,โ€ papar Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) itu.

Pemberian subsidi sembako murah ini menurutnya juga bertujuan untuk menjaga kestabilan harga dan menekan angka inflasi di Kota Batam. Dalam rangka stabilisasi harga dan ketahanan pangan, pemerintah pusat menurutnya memberikan rekomendasi perluasan kerja sama antar daerah (KAD) terutama untuk daerah surplus/defisit dalam menjaga ketersediaan supply komoditas, pelaksanaan operasi pasar dalam memastikan keterjangkauan harga dengan melibatkan berbagai stakeholders, pemberian subsidi ongkos angkut bersumber dari APBN sebagai dukungan memperlancar distribusi.

โ€œPemko Batam sudah melaksanakan rekomendasi tersebut, seperti melakukan operasi pasar dan memberikan subsidi sembako murah untuk masyarakat. Untuk kegiatan operasi pasar Kita menggandeng Asosiasi Distributor Kota Batam. Sehingga saat pelaksanaan operasi pasar, harga jual dibawah harga pasar,โ€ pungkasnya.

Sesuai jadwal pada Desember nanti akan ada kegiatan serupa. Di bulan Januari sudah disiapkan 126 ribu paket, ini bentuk perhatian pemerintah pada masyarakat. Ia juga menyampaikan pesan Wali Kota, agar masyarakat menjaga agar Batam aman, nyaman dan kondusif.(*)

Mungkin Anda juga menyukai