Pramuka Berkreasi, Jefridin Buka Lomba Dance Semaphore dan Yel Yel Pramuka

MC Pemko Batam – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi Lomba Fashion Show, Dance Semaphore dan Yel Yel Pramuka pada Event “Museum Date”, dalam memperingati Sumpah Pemuda Pramuka Berkreasi, di Alun-Alun Engku Putri, Jumat (20/10/2023).

“Semangat, jadilah pramuka Penggalang dan Penegak yang mengukir prestasi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jefridin menyampaikan apresiasi atas kolaborasi Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pariwisata Kota Batam, yang telah menyelenggarakan kegiatan bersama Gerakan Pramuka Kota Batam.

“Atas nama Majelis Pembimbing Cabang Batam, Bapak Wali Kota Batam Kak Haji Muhammad Rudi mengucapkan apresiasi kegiatan dalam memperingati hari Sumpah Pemuda dan Hari Museum,” kata Jefridin, yang juga selaku Sekretaris Daerah Kota Batam.

Jelasnya, Pramuka merupakan wadah untuk menempa diri menjadi pribadi atau manusia yang berkarakter. Dimana dapat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat sekitar, sesuai makna kias tunas kelapa pada lambang Pramuka Indonesia.

“Tunas kelapa itu dapat hidup dimana saja, dan satu-satunya tumbuhan yang bermanfaat mulai dari akar hingga pucuk seperti anggota pramuka,” paparnya.

Sedikit menyampaikan pengetahuan seputar kepramukaan, dijelaskan Jefridin bahwa terdapat dua anggota pramuka yaitu peserta didik dan orang dewasa.

“Peserta didik diantaranya, golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Sedangkan orang dewasa mulai dari pembina, pelatih, Instruktur, pamong, andalan dan majelis pembimbing (Mabi) ,” jelas Jefridin.

 

Mungkin Anda juga menyukai