Buka Jota Kwarcab Batam, Jefridin Ungkapkan Pramuka Batam Harus Kuasai Digitalisasi

MC Pemko Batam – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka Kegiatan Jambore On The Air dan Jambore On The Internet (Jota Joti) Tahun 2023 di Sanggar Pramuka, Sekupang pada Jumat (20/10/2023).

Kegiatan ini melibatkan jutaan peserta dari berbagai negara yang bisa terhubung melalui saluran radio dan internet. Menurutnya di era sekarang harus menguasai teknologi dan digitalisasi agar tidak tertinggal. Jika tidak maka akan tersingkir dan ketinggalan informasi.

Disebutkannya untuk tahun ini, Jota-Joti akan diselenggarakan selama tiga hari mulai 20 sampai dengan 22 Oktober 2023. Secara global, kegiatan ini akan diikuti oleh kurang lebih 173 negara. Internet Jota-Joti merupakan kegiatan pramuka digital terbesar di dunia.

“Di Indonesia kegiatan ini diselenggarakan oleh seluruh Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang. Kwarcab Gerakan Pramuka Batam bekerja sama dengan Orari lokal untuk membuka stasiun jaringan internet maupun radio,” ujar Jefridin.

Ia menuturkan bahwa kegiatan Jota Joti ini rutin dilaksanakan tiap tahunnya dari dahulu sampai saat ini. Melalui kegiatan ini peserta pramuka dunia dapat membangun komunikasi. Kepada seluruh peserta Sekretaris Daerah Kota Batam ini berpesan agar mengikuti kegiatan ini dengan baik.

“Bangun hubungan baik dengan pramuka di seluruh Indonesia dan di dunia. Barangkali ada informasi terbaru yang bisa Kita peroleh dari komunikasi ini. Terimakasih kepada Orari yang sudah memfasilitasi. Mudah-mudahan kegiatan ini mendatangkan manfaat,” ujarnya.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Jota Joti ini berjumlah 276 orang. Yang terdiri dari perwakilan Dewan Kerja Ranting dan Satuan Karya Gerakan Pramuka se Kwarcab Kota Batam berjumlah 61 orang. Dan peserta umum sebanyak 215 orang. (*)

 

Mungkin Anda juga menyukai