Amsakar: Selamatkan Bumi dari Sampah

Media Center Batam – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, meminta semua masyarakat ikut menanggulangi persoalan sampah di Batam. Hal itu dinilai penting agar sampah tak berdampak buruk bagi bumi.

“Dengan kesadaran kita bersama, setidaknya kita punya keinginan menyelamatkan bumi ini dari sampah,” ujar Amsakar dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Kota Batam di Belakang Padang, Sabtu (12/3/2022).

Ia menekankan, kepedulian ini harus senantiasa ditingkatkan dan disosialisasikan demi menumbuhkan kesadaran bersama.

“Mengelola sampah tak cukup dilakukan oleh instansi pemerintah saja,” katanya.

Untuk menyelesaikan dan meminimalisir banyaknya sampah di muka bumi ini, kata dia, perlu langkah-langkah tepat.

“Sudah ada gerakan-gerakan untuk memanfaatkan sampah, bagaimana sampah mampu didaur ulang sehingga menghasilkan nilai ekonomis,” ujar Amsakar.

Ia mengatakan, beberapa pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sudah mampu menjadikan sampah plastik menjadi tas, topi, dan beberapa produk UMKM lainnya.

“Langkah ini efektif untuk menjadikan sampah menjadi barang berharga. Langkah ini juga sekaligus meminimalisir tumpukan-tumpukan sampah,” kata Amsakar.

Untuk itu, momentum Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tersebut hendaknya dijadikan momen menumbuhkan kesadaran bersama menanggulangi persoalan sampah.

“Mari kita selamatkan bumi kita, jangan buah sampah sembarangan,” pesan Amsakar.

Mungkin Anda juga menyukai