Resmikan Kube Mekar Berseri, Marlin ajak Kembangkan Industri Kreatif

Media Center Batam – Dekranasda Kota Batam kembali melahirkan Kelompok Usaha Bersama (Kube) dalam bidang Batik yaitu Kube Mekar Berseri Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong.

Kube ini dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, di Kantor Lurah Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Kamis (23/07/2020).

Kube Mekar Berseri ini terdiri dari 5 (lima) orang. Yang diketuai oleh Herimarneti, yang dibentuk 20 Februari 2020. Kelima pendiri Kube ini mengikuti pelatihan membatik yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam pada tanggal 26 – 28 Februari 2020. Salah satu motif batik yang mereka angkat adalah Batik Bunga Widuri salah satu tanaman mangrove.

Sebelum menyampaikan sambutannya Marlin beserta rombongan disuguhkan dengan _Fashion Show_ batik yang ditampilkan RT dan RW dilingkungan Kelurahan Tanjung Buntung.

“Wah luar biasa penampilan Bapak RW dan RT nggak kalah dengan model” puji Marlin saat menyaksikan _Fashion show._

Marlin kagum dan bangga atas lahirnya Kube ini. Kerja keras dan kerja ikhlas yang dilakukannya beserta tim membuahkan hasil, dimana selama 4 tahun batik Batam “mati suri”.

“Saya bangga hari ini Dekranasda Kota Batam kembali melahirkan pengrajin Batik Baru, meramaikan industri kreatif di Kota Batam” ujar Marlin kagum saat menyampaikan sambutan.

Diakuinya bahwa kerja nyata yang dilakukan mendapatkan dukungan penuh dari para pengrajin. Hal inilah yang menyemangatinya untuk terus berinovasi dan berkreasi untuk memajukan batik Batam.

Kedepannya, Marlin berharap setiap kelurahan dan kecamatan memiliki Kube masing – masing sehingga nantinya setiap daearah memiliki ciri khas masing – masing.

“Kedepannya saya berharap setiap kecamatan dan kelurahan memiliki batik masing – masing sehingga memiliki ciri khas tersendiri dengan mengangkat motif bertema kearifan lokal” Harap Marlin.

Ketua LPM Tanjung Buntung, Purnomo mewakili masyarakat setempat berterima kasih dan mengapresiasi kinerja istri Walikota Batam, Muhammad Rudi ini.

Program yang dilaksanakan Bunda PAUD Kota Batam ini sangat membantu masyarakat sekitar khususnya di bidang industri kreatif.

Oleh karena itu selaku tokoh masyarakat beliau mendukung penuh kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan Marlin dimasyarakat.

“Luar biasa program – progam yang ibu laksanakan, yang turun langsung kemasyarakat melihat kondisi dilapangan dan memberikan solusi” ujar Purnomo

Setelah membuka acara Marlin yang didampingi pengurus Dekranasda Kota Batam mengunjungi workshop Kube Mekar Berseri dan melihat langsung produksi batik.

Mungkin Anda juga menyukai