Dinas Perhubungan Renovasi Pelabuhan Depan Pulau Manis

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi

Media Center Batam – Dinas Perhubungan Kota Batam akan merenovasi pelabuhan yang ada di depan Kantor Camat Belakangpadang. Kepala Dinas Perhubungan, Rustam Efendi mengatakan pelabuhan ini sebelumnya digunakan untuk instansi vertikal.

“Jadi tidak bangun yang baru, tapi renovasi. Itu pelabuhan milik Pemko yang dulu dipakai Bea Cukai,” sebut Rustam, Senin (25/2).

Menurutnya anggaran yang disiapkan tak besar, hanya Rp 120 juta. Dan sudah masuk di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2019.

“Sekarang konsultan sedang bekerja. Diperkirakan akhir April pekerjaan fisiknya dimulai,” kata dia.

Camat Belakangpadang, Yudi Admajianto mengatakan tahun ini ada dua kegiatan besar yang dilaksanakan di kecamatannya. Satu di antaranya adalah pelabuhan depan Kantor Camat Belakangpadang.

“Dari Pulau Sarang, Lengkang, Pecung, Pemping bisa langsung ke pelabuhan ini untuk urusan ke Kantor Camat. Akan lebih hemat sekitar 30 menit,” ujarnya.

Selain untuk warga, pelabuhan ini juga diharapkan bisa menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Pulau Belakangpadang. Khususnya mereka yang menginap di sanggraloka Pulau Manis.

“Aksesnya langsung berhadapan dengan Pulau Manis. Kita harap bisa untuk wisatawan juga. Mereka bisa lihat Belakangpadang, jalan-jalan di sini, bisa naik ojek, becak. Itu yang kita harap,” sebut Yudi.

Selain pelabuhan, di Belakangpadang juga akan dibangun jalan poros yang menghubungkan dua kelurahan di pulau tersebut. Jalan poros dari Kampung Baru sampai ke Sekanak Raya ini juga diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

“Sekarang kondisinya itu cukup parah. Karena akar pohon sudah naik. Insya Allah tahun ini dikerjakan,” tutur mantan Kepala Bagian Humas Setdako Batam tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai