Permintaan Terhadap Gas PGN di Batam Meningkat

Media Center Batam – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) memprediksi akan ada peningkatan konsumsi gas bumi di 2019 ini. Pertumbuhannya diperkirakan mencapai 4 juta meter kubik.

“Tahun ini kita prediksi akan ada peningkatan sekitar 4 juta meter kubik, baik itu pelanggan sudah existing ataupun yang baru,” kata Sales Area Head PT PGN Batam, Wendi Purwanto di Batam Centre, Senin (27/5).

Ia menjelaskan di semester I 2019 sudah ada tambahan permintaan gas dari pelanggan industri dan komersial. Jumlahnya rata-rata 500 ribu meter kubik. Dan jumlahnya diperkirakan kembali meningkat sekitar 2,5 juta meter kubik di semester II nanti.

“Tahun ini untuk pelanggan yang sudah existing itu rata-rata ada peningkatan. Salah satunya untuk industri itu Eco Green dan Sinar Mas,” ujarnya.

Selain itu, PGN Batam juga akan mendapat pelanggan baru dengan pemakaian gas diperkirakan 1 juta meter kubik. Kemudian lima restoran dan hotel juga baru saja menjadi pelanggan komersial PGN Batam. Dan menyusul pemasangan di delapan pelanggan komersial lainnya. Dari sektor industri, tercatat akan ada dua pelanggan baru.

Sementara dari sisi pelanggan rumah tangga, tahun depan PGN Batam kembali mendapat penugasan untuk penyaluran jaringan gas (jargas) program Kementerian ESDM. Sebanyak 18.000 sambungan rumah akan dipasang instalasi pipa gas secara gratis.

Saat ini PGN Batam sedang melakukan survei calon penerima bantuan tersebut. Proses survei ditargetkan seleaai Oktober. Agar bisa diajukan ke pusat akhir tahun ini. Dan awal 2020 proses pemasangan sudah bisa berjalan.

“Kita utamakan untuk warga yang tinggal di pemukiman yang dekat dengan jalur pipa PGN,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai