120 Kader PKK Berkemah di Engku Putri

Media Center Batam – Sebanyak 120 kader Program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Batam mengikuti Jambore PKK 2018. Kegiatan tahunan PKK ini digelar di Dataran Engku Putri Batam Centre, Jumat-Sabtu (7-8/9).

Ketua panitia, Umiyati mengatakan Jambore PKK ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan kader. Kemudian memberikan penghargaan kepada kader atas prestasinya dalam gerakan PKK.

“Juga untuk meningkatkan rasa kebersamaan, motivasi, dan kinerja kader dalam menunjang terwujudnya keluarga sejahtera,” tutur Umi dalam pembukaan Jambore, Jumat (7/9) malam.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam jambore ini adalah perlombaan dan api unggun. Perlombaan yang digelar antara lain defile dan yel-yel PKK, menghias tenda, simulasi lima meja, cerdas cermat, dan penyuluhan 10 program pokok PKK. Selain itu juga lomba MPASI, kreativitas inovasi APE, lomba foto kegiatan jambore, pidato, desain busana, ranking 1, dan outbound.

Hadiah yang disiapkan yakni Rp 10 juta untuk juara umum. Kemudian masing-masing Rp 2 juta untuk juara 1 tiap kategori. Sementara juara 2 menerima Rp 1,5 juta, dan juara 3 Rp 1 juta.

“Selama Jambore, kader menginap di tenda. Tapi jika hujan, sudah disiapkan ruang aula untuk kita tidur bersama,” tuturnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengatakan Anggota PKK ini adalah ibu-ibu yang hebat, sosialnya tinggi, cantik, dan sehat. Karena itu ia yakin jambore ini dapat berjalan baik dan menghasilkan kader yang siap untuk diikutsertakan dalam lomba tingkat lebih tinggi.

“Peningkatan peran perempuan dalam keluarga diamanatkan dalam peraturan pemerintah. Untuk wujudkannya perlu ada upaya. Diperlukan kader yang terampil, ahli, profesional, dan handal dalam memberdayakan keluarga. Untuk menciptakan kader yang seperti itu, pemerintah melalui PKK pusat melaksanakan jambore PKK. Tujuannya adalah untuk melatih dan menumbuhkan semangat kader dalam memberdayakan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

“TP PKK bersama GOW sudah melaksanakan berbagai macam kegiatan. Berupa pelatihan maupun perlombaan yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan semangat kader, sehingga dapat menumbuhkembangkan ekonomi keluarga. Kami berharap ibu-ibu lebih aktif dalam berbagai bidang,” sambung Marlin.

Acara pembukaan Jambore PKK 2018 Kota Batam ini dimeriahkan penampilan seni dari kader-kader PKK.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *