Dishub Rencana Bangun JPO di Taman Sari

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi

Media Center Batam – Dinas Perhubungan Kota Batam berencana membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) di depan Perumahan Taman Sari Tiban Kecamatan Sekupang. Kepala Dinas Perhubungan, Rustam Efendi mengatakan pembangunan JPO ini untuk memenuhi permintaan masyarakat.

“Kita bangun karena masyarakat membutuhkan,” kata Rustam di Sagulung, Senin (17/6).

Jembatan ini akan dibangun sepanjang 12 meter. Panjang ini sudah mengakomodir rencana pelebaran jalan yang telah disiapkan Walikota Batam untuk wilayah tersebut. Dari kondisi sekarang dua lajur tiap jalur, menjadi lima lajur di kedua sisi jalan.

“Kebutuhan anggarannya itu sekitar Rp 5,4 miliar. Tergantung anggaran, kalau ada 2020 kita buat. Tapi kita sudah usulkan juga ke pusat,” ujarnya.

Rustam mengatakan saat ini ada empat JPO yang sudah dibangun Pemerintah Kota Batam. Yakni di depan SMPN 3 Batam di Sekupang, di Fanindo Batuaji, depan SP Plaza Sagulung, dan jalan masuk SMKN 1 Batam di Sagulung.

Sementara JPO lain dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Menurut Rustam, untuk JPO yang dibangun Pemprov, pemeliharaannya tak bisa dilakukan oleh Pemko. Kecuali apabila sudah ada hibah atas aset.

“Yang provinsi itu tidak bisa kita rehab karena asetnya provinsi, seperti yang di Tiban Kampung,” tuturnya.

Kepada masyarakat, Rustam mengimbau agar memanfaatkan fasilitas yang ada dengan baik. Ia berharap tak ada lagi warga yang menyeberang sembarangan khususnya di tempat yang sudah tersedia JPO.

“Kita berharap masyarakat jangan mengambil jalan pintas. Kita membuat demi masyarakat. Dan atas permintaan masyarakat juga. Manfaatkanlah. Untuk keselamatan bersama,” pesannya.

Mungkin Anda juga menyukai