Jadikan Idul Adha Momen Perenungan

FOTO TRIBUN BATAM

Media Center Batam – Ustadz Salim A Fillah mengajak jemaah Shalat Idul Adha di Dataran Engku Putri Batam Centre untuk mensyukuri nikmat Allah SWT. Menurutnya Hari Raya Kurban ini menjadi momen bagi seluruh umat muslim untuk berhenti sejenak dan merenungkan segala kenikmatan yang telah Allah berikan.

“Ini momen untuk merenung. Segala amal kita dimuhasabahi. Dan semua dosa kita diistighfari,” tutur pria berusia 34 tahun ini, Rabu (22/8).

Adapun tema yang diangkat dalam ceramah Shalat Ied kali ini adalah “Imam Manusia, Imam Orang Bertakwa”. Penulis buku “Nikmatnya Pacaran Setelah Menikah” ini mengajak seluruh jemaah untuk bertakwa kepada Allah SWT seperti takwanya Nabi Ibrahim as.

Sementara itu, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mengatakan, saat ini jutaan umat muslim tengah melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Dan gema takbir dikumandangkan di seantero bumi, mengagungkan kebesaran nama Allah. Ini membuktikan keharuman islam di jagad raya.

Menurutnya perayaan kurban adalah dimensi gabungan dari hablum minallah (hubungan dengan Allah) dan hablum minannas (hubungan sesama manusia). Amsakar menganalogikan keteladanan Nabi Ibrahim yang dengan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. 

“Begitu juga persoalan Batam di mana pertumbuhan ekonomi yang belum membaik serta lowongan kerja yang terbatas dan defisit anggaran daerah. Mudah-mudahan dapat kita cari solusinya,” kata dia.

Tahun ini Pemerintah Kota Batam memusatkan Shalat Ied di dua tempat. Yakni Dataran Engku Putri Batam Centre dan Lapangan Bola Sei Harapan Sekupang. Imam yang bertugas di Dataran Engku Putri adalah Muslim Ahmad, dengan bilal Muhammad Hasyim. Sedangkan imam di Lapangan Bola Sei Harapan yaitu Ustadz Faisal Al-Hafiz, bilal M Amin, dan khatib Hamizar.

Mungkin Anda juga menyukai