Satu Jemaah Haji Kepri Hilang di Mina

Media Center Batam – Satu orang jemaah haji asal Kepulauan Riau dilaporkan hilang ketika melaksanakan ibadah di Mina. Berdasarkan informasi dari Ketua Kelompok Terbang (Kloter) 01 BTH, Mustafa, jemaah yang hilang di Mina bernama Ruspian Rusli Jaapar asal Kota Tanjungpinang.

“Beliau ini sebenarnya sakit stroke, untuk bangun dari tidur aja harus dibantu oleh isteri. Tapi disaat jamaah pergi melontar jumrah dan istrinya Lafrina sedang tertidur pulas, dia bisa bangun sendiri dan keluar dari tenda. Kejadian sekitar jam 23.00 malam waktu setempat,” ungkap Mustafa dikutip dari situs resmi Kementerian Agama Provinsi Kepri, Jumat (24/8).

Mustafa mengatakan semua perangkat kloter berupaya melakukan pencarian. Pencarian juga berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

“Kita doakan mudah-mudahan jamaah tersebut bisa ditemukan oleh petugas maupun jemaah yang lain dan langsung mengantarkannya kembali ke hotel,” harap Mustafa.

Sebagai informasi, untuk kasus jemaah yang hilang biasanya petugas Pengamanan dan Perlindungan Jamaah (Linjam) akan melakukan penyisiran di Mina dan berbagai sudut kota Mekah. Petugas juga akan mengecek ke sejumlah rumah sakit di Mekah dan sekitarnya. Khusus kasus seperti ini tidak ada batas waktu dan akan terus dicari meski operasional haji berakhir.

Mustafa mengatakan sebanyak 440 orang jemaah haji di Kloter 01 BTH sudah selesai melakukan tawaf ifadah tadi malam. Pada pelaksanaan wukuf di Arafah, Mina dan Muzdalifah (Armuzna) sebelumnya diikuti 447 orang jemaah. Namun pasca Armuzna jamaah yang kembali ke Mekah sebanyak 445 orang.

Satu orang jemaah dirawat di RS Mina Al Weda atas nama Sahar M Tayib asal Batam. Dan satu orang jemaah hilang sewaktu ditenda Mina atas nama Ruspian Rusli Jaapar. Sementara sisa lainya dalam keadan uzur dan sakit.

Mungkin Anda juga menyukai