Hari Lahir Pancasila Momen Mengamalkan Isi Pancasila

Media Center Batam – Walikota Batam, Muhammad Rudi mengajak seluruh masyarakat Batam untuk mengamalkan isi Pancasila. Menurutnya hal ini sudah ia sampaikan dalam berbagai kesempatan pertemuan dengan warga.

“Di mana pun kegiatan pasti kita gaungkan itu. Kegiatan formal, khusus Pancasila tidak ada, tapi di acara umum kita sampaikan,” kata Rudi usai Upacara Hari Lahir Pancasila di Dataran Engku Putri, Jumat (1/6).

Terkait adanya kabar mengenai sekolah dengan paham radikal, menurutnya, informasi ini sudah langsung ditindaklanjuti unsur pemerintah. Kementerian Agama sudah turun ke sekolah berbasis keagamaan tersebut. Dan sudah dijelaskan hadits mengenai upacara bendera.

“Sudah kita surati, sudah dipanggil dan dijelaskan Kemenag dengan hadits-haditsnya. Tapi kita tetap pantau di lapangan sama-sama,” kata dia.

Upacara Hari Lahir Pancasila ini dipimpin oleh Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Inf Edy Widyanto selaku inspektur. Usai upacara Edy menyampaikan pentingnya kerjasama elemen pemerintah dengan seluruh masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dan kepekaan sosial dalam mengantisipasi teroris yang mengancam NKRI.

“Dari Pancasila kita ambil nilai-nilai luhurnya. Kita rekatkan elemen pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Dalam memahami Pancasila kita harus merenungi jasa para pahlawan. Karena kemerdekaan kita bukanlah hadiah, melainkan perjuangan seluruh masyarakat Indonesia,” kata Edy.

Pada upacara tersebut, Edy membacakan sambutan Presiden RI dalam amanatnya. Presiden RI, Joko Widodo mengajak agar seluruh rakyat Indonesia untuk amalkan warisan mulia founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

“Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945,” sebutnya.

Mungkin Anda juga menyukai