Kloter I Embarkasi Batam Berangkat 18 Juli

Media Center Batam – Calon Jemaah Haji kelompok terbang (kloter) I embarkasi Hang Nadim Batam dijadwalkan berangkat pada 18 Juli 2018 mendatang. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Subadi mengatakan kloter I embarkasi Hang Nadim Batam ini terdiri dari calon jemaah haji asal Provinsi Kepulauan Riau.

“Kloter pertama ini memberangkatkan jemaah asal Kota Tanjungpinang, Kabupaten Natuna, Kepulauan Anambas, Lingga, dan Kota Batam,” kata Subadi, Selasa (3/7).

Kloter I ini akan masuk asrama haji Batam Centre pada 17 Juli pukul 09.00 WIB. Dan diberangkatkan 24 jam setelahnya. Sesuai dengan ketentuan Kementerian Agama, jemaah untuk mengikuti berbagai kegiatan dan menerima berbagai hak.

Antara lain penyerahan dokumen, pembagian paspor, dan visa. Kemudian pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui apakah jemaah dibolehkan melanjutkan perjalanan ke Tanah Suci atau tidak.

“Jemaah juga akan mendapat pembinaan melalui kepala regu dan kepala rombongan. Untuk menyamakan persepsi mengenai tugas dan ibadah yang dilaksanakan selama haji. Termasuk mengenai pembayaran dam, itu harus dibicarakan di Tanah Air agar tidak terjadi yang tak diinginkan,” kata dia.

Masa karantina ini juga akan diisi manasik terakhir sebelum pemberangkatan. Tujuannya untuk menyamakan apabila ada perbedaan fiqih dari daerah. Jemaah dapat berkonsultasi selama karantina bila ada yang dirasakan masih mengganjal terkait pelaksanaan ibadah.

Embarkasi Hang Nadim Batam tahun ini memberangkatkan 12.940 calon haji yang dibagi dalam 27 kloter. Ada empat provinsi yang bergabung dalam Embarkasi Batam yakni Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Mungkin Anda juga menyukai