๐–๐ฎ๐ฃ๐ฎ๐๐ค๐š๐ง ๐’๐ƒ๐Œ ๐‡๐š๐ง๐๐š๐ฅ ๐๐š๐ง ๐๐ž๐ซ๐ค๐จ๐ฆ๐ฉ๐ž๐ญ๐ž๐ง, ๐๐ž๐ฆ๐ค๐จ ๐†๐ž๐ฅ๐š๐ซ ๐๐ข๐ฆ๐ญ๐ž๐ค ๐๐ž๐ง๐ข๐ง๐ ๐ค๐š๐ญ๐š๐ง ๐Š๐š๐ฉ๐š๐ฌ๐ข๐ญ๐š๐ฌ ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐๐š๐š๐ง ๐๐š๐ซ๐š๐ง๐ /๐‰๐š๐ฌ๐š ๐๐ž๐ฆ๐ž๐ซ๐ข๐ง๐ญ๐š๐ก

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ- Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pelaku Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Batam di Hotel Santika Batam Centre, Kamis (26/09/2024).

Diharapkan setelah mengikuti Bimtek ini, para pelaku pengadaan barang dan jasa pemerintah mendapatkan pemahaman dan peningkatan pengetahuan dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

โ€œSaya mendukung dan mengapresiasi adanya bimbingan teknis ini. Dengan tujuan agar pengadaan barang dan jasa pemerintah tidak salah dalam pelaksanaannya dan sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 12 tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,” ungkapnya.

Pengadaan barang dan jasa pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan serta untuk peningkatan pelayanan publik. Untuk itu dalam pelaksanaannya dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) pengadaan barang dan jasa yang handal dan berkompeten.

โ€œSaya berharap dengan bimbingan teknis ini akan adanya peningkatan pengetahuan aparatur bagi pelaku pengadaan barang dan jasa pemerintah, khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Batam,โ€ tuturnya.

Pelaku pengadaan barang dan jasa pemerintah harus memahami metode pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik, proses pengadaan secara online. Untuk memberikan manfaat yang sejalan dengan prinsip-prinsip manajemen modern, seperti transparansi, efesiensi, efektivitas, dan inovasi.

โ€œPengadaan barang dan jasa pemerintah harus mengutamakan melalui katalog elektronik, apabila belum tersedia barulah dipilih metode pengadaan lain. Bisa melalui penunjukan langsung, pengadaan langsung, tender cepat dan tender,โ€ jelas ayah dua anak ini.

Adapun salah satu program pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa yaitu peningkatan belanja pada produk dalam negeri (PDN) dan produk hasil usaha mikro kecil dan koperasi

โ€œKarena dengan berbelanja produk dalam negeri dan produk hasil usaha mikro kecil dan koperasi akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara luas,โ€ ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa pengadaan barang dan jasa melalui katalog elektronik harus memperhatikan prinsip pengadaan yaitu khususnya prinsip bersaing dan adil. Setelah mengikuti bimtek ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan kapasitas dan pengetahuan pengadaan secara elektronik.

Seluruh peserta Bimtek diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan dedikasi yang tinggi. Sehingga dapat mengambil manfaat sebagai bahan pembelajaran dan peningkatan pengetahuan, serta menciptakan sistem pengadaan yang efesien, transparan, dan berkelanjutan melalui pemanfaatan dan pemberdayaan produk dalam negeri.(*)

Mungkin Anda juga menyukai

DD