๐๐ฎ๐ค๐š ๐Š๐ž๐ ๐ข๐š๐ญ๐š๐ง ๐๐ž๐ฆ๐›๐ž๐ซ๐๐š๐ฒ๐š๐š๐ง ๐Œ๐š๐ฌ๐ฒ๐š๐ซ๐š๐ค๐š๐ญ ๐’๐ž ๐Š๐ž๐œ๐š๐ฆ๐š๐ญ๐š๐ง ๐๐š๐ญ๐ฎ๐š๐ฃ๐ข, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐๐š๐ฉ๐š๐ซ๐ค๐š๐ง ๐Œ๐ž๐ง๐ฃ๐š๐ ๐š ๐๐ž๐ง๐ญ๐ข๐ง๐ ๐ง๐ฒ๐š ๐Š๐ž๐›๐ž๐ซ๐ฌ๐ข๐ก๐š๐ง ๐‹๐ข๐ง๐ ๐ค๐ฎ๐ง๐ ๐š๐ง

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ- Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membuka secara resmi Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tahun 2024 se-Kecamatan Batu Aji di Perumahan Taman Jaya Asri RW.15 Kelurahan Buliang, Kamis (13/06/2024). Melalui kegiatan yang bertemakan โ€œPenumbuhan Kesadaran Keluarga dalam Peningkatan Kualitas Kelestarian Lingkungan Hidupโ€, Jefridin mengajak agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Kelestarian lingkungan menurutnya harus dijaga, agar lingkungan tidak tercemar dan masyarakat sehat.

โ€œMenjaga kebersihan lingkungan adalah tanggungjawab Kita semua. Pemerintah membangun infrastruktur fisik sampai ke perumahan melalui kegiatan PSPK. Jika jalan sudah disemen, drainase sudah dibangun, tugas Kita untuk menjaga agar drainase tetap bersih dan terbebas dari sampah. Tujuannya agar lingkungan Kita bersih dan bebas dari banjir,โ€ ujarnya.

Disampaikannya bahwa kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masih rendah. Bahkan masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke dalam parit, sehingga menyebabkan parit tersumbat dan banjir. Ia mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan sampah yang memiliki nilai ekonomis dengan melakukan pilah sampah.

โ€œSampah ini memiliki nilai ekonomis dan menghasilkan uang. Ibu-ibu bisa melakukan pilah sampah dan menjualnya melalui bank sampah. Ini salah satu langkah untuk mengurangi produksi sampah dan tentunya dapat menjaga kelestarian lingkungan Kita,โ€ katanya.

Ayah dua anak ini juga mengingatkan akan pentingnya menjaga kesehatan diri. Untuk itu Ia mengajak agar masyarakat menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

โ€œSehat itu mahal, Kita baru sadar kalau sehat itu mahal setelah Kita sakit. Kesehatan adalah anugerah yang luar biasa. Untuk itu mari Kita jaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan, agar lingkungan Kita bersih dan sehat,โ€ tuturnya diakhir sambutan.(*)

Mungkin Anda juga menyukai

DD