๐“๐ข๐ง๐ ๐ค๐š๐ญ๐ค๐š๐ง ๐Š๐ฎ๐š๐ฅ๐ข๐ญ๐š๐ฌ ๐๐ž๐ฅ๐š๐ฒ๐š๐ง๐š๐ง ๐๐ฎ๐›๐ฅ๐ข๐ค, ๐๐ž๐ฆ๐ค๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ ๐’๐ž๐ฅ๐ž๐ง๐ ๐ ๐š๐ซ๐š๐ค๐š๐ง ๐๐ข๐ฆ๐ญ๐ž๐ค ๐๐ž๐ง๐ฒ๐ฎ๐ฌ๐ฎ๐ง๐š๐ง ๐‡๐š๐ฌ๐ข๐ฅ ๐’๐ฎ๐ซ๐ฏ๐ž๐ข ๐Š๐ž๐ฉ๐ฎ๐š๐ฌ๐š๐ง ๐Œ๐š๐ฌ๐ฒ๐š๐ซ๐š๐ค๐š๐ญ

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ- Pemerintah Kota Batam melalui Bagian Organisasi Setdako Batam menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan dan Penyusunan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di Lingkungan Pemko Batam Tahun 2024 di Ground Floor AP Ballroom, AP Primer Hotel Batam, Selasa (21/05/2024). Bimtek yang diikuti Kasubbag Pelayanan dan Kepala UPT di lingkungan Pemerintah Kota Batam dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd.

Jefridin mengatakan tujuan dilakukannya survei kepuasan masyarakat untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan, mendapatkan umpan balik (feedback) secara berkala atas pencapaian kinerja dan kualitas pelayanan penyelenggaraan pelayanan publik di Pemerintah Kota Batam kepada masyarakat. Sebagai bentuk evaluasi diri atas kekurangan yang harus diperbaiki.

โ€œSurvei kepuasan juga sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkesinambungan,โ€ ujar Jefridin kepada seluruh peserta Bimtek.

Dijelaskannya, bahwa hasil survei kepuasan masyarakat merupakan salah satu indikator penilaian Reformasi Birokrasi yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Laporan hasil survei kepuasan masyarakat yang sudah disusun, dijadikan acuan untuk mengetahui tingkat kinerja masing-masing unit pelayanan instansi pemerintah.

โ€œLaporan hasil survei juga dapat memberikan ruang kepada masyarakat untuk menilai secara obyektif dan periodik terhadap perkembangan kinerja unit pelayanan publik. Terutama pelaksanaan delapan area perubahan reformasi birokrasi yang berkaitan dengan manajemen perubahan (mental aparatur), penguatan tatalaksana, serta peningkatan pelayanan publik,โ€ jelasnya.

Kepada seluruh peserta yang mengikuti Bimtek, ia berpesan untuk dapat mengikuti dengan seksama pemaparan dari narasumber dengan sebaiknya. Sehingga dapat menambah wawasan dalam pelaksanaan survei kepuasan masyarakat di lingkungan unit kerjanya masing-masing.

Adapun narasumber Fanoeel Thamrin, S.T., M.Kom selaku Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.(*)

Mungkin Anda juga menyukai