𝐁𝐮𝐤𝐚 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐤𝐬𝐚𝐧𝐚𝐚𝐧 𝐁𝐢𝐦𝐭𝐞𝐤 𝐏𝐫𝐨𝐝𝐞𝐬𝐤𝐞𝐥, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐓𝐞𝐠𝐚𝐬𝐤𝐚𝐧 𝐊𝐞𝐥𝐮𝐫𝐚𝐡𝐚𝐧 𝐒𝐞𝐠𝐞𝐫𝐚 𝐔𝐩𝐝𝐚𝐭𝐞 𝐃𝐚𝐭𝐚 𝐏𝐫𝐨𝐟𝐢𝐥 𝐊𝐞𝐥𝐮𝐫𝐚𝐡𝐚𝐧

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) dan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel) Bagi Operator Kelurahan dan Kecamatan Tahun 2024 di Aula Engku Hamidah, Senin (4/03/2024).

Jefridin mengapresiasi Kelurahan yang sudah melakukan update data Prodeskel di tahun 2023. Tiga Kelurahan yang sudah melakukan update data yakni Kelurahan Kasu, Kelurahan Tiban Indah dan Bengkong Indah. Secara resmi Jefridin membuka Bimtek yang diikuti Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Kelurahan dan operator kelurahan dan kecamatan di lingkungan Pemko Batam.

“Bagi Kelurahan yang belum melakukan update data tolong untuk segera melakukan update data Prodeskel. Saya akan cek dan Saya beri waktu untuk update data Prodeskel sebelum puasa ramadhan,” tegasnya.

Mewakili Wali Kota Batam, Ia mengatakan bahwa update data profil kelurahan sangat penting, agar data yang dimiliki valid. Kenapa harus valid agar memudahkan dalam membuat kebijakan, baik yang dibuat baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Apabila data kita valid maka dalam memberikan bantuan akan tepat sasaran. Untuk mendapatkan data yang valid maka perlu dilakukan update data. Dengan adanya data ini maka akan memudahkan Kita dalam membuat kebijakan,” tutur mantan Lurah Tanjunguma ini.

Dipaparkannya Prodeskel merupakan aplikasi berbasis web online untuk menyajikan pelaporan data dengan berbasis online. Penyusunan dan pendayagunaan berlandaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007. Penerapan prodeskel menjadi sangat penting, agar potensi yang ada dapat dijadikan tolak ukur pembagunan dan kesejahteraan wilayah, desa, kelurahan dan kecamatan kearah yang lebih baik, dan tak kalah pentingnya adalah untuk mendukung Program Pemerintah.

Sementara Epdeskel sesuai Permendagri No. 81 tahun 2015 merupakan suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada instrumen evaluasi perkembangan desa dan kelurahan guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan desa dan kelurahan.

“Saya berharap peserta Bimtek betul-betul mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sampai selesai. Jika ada yang kurang dimengerti, silahkan untuk ditanyakan kepada narasumber, yakni Bapak Andi Fran Manulang dari Kemendagri,” pesannya.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Leo Putra menyampaikan kegiatan bertujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan panduan, pengetahuan dan keterampilan kepada para peserta bimtek, meningkatkan pelayanan publik, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan, lembaga kemasyarakatan serta penataan wilayah adminstrasi pemerintahan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan profil desa dan kelurahan.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat mengoptimalkan kemampuan operator kelurahan dan kecamatan dalam melakukan penginputan data melalui website. Sehingga data Prokesdel yang ada di kelurahan dapat update setiap tahunnya,” jelasnya.(*)

Mungkin Anda juga menyukai