๐๐ž๐ซ๐ข๐ง๐ ๐š๐ญ๐ข ๐‡๐š๐ซ๐ข ๐Š๐ž๐ฉ๐š๐ง๐๐ฎ๐š๐ง ๐’๐ž๐๐ฎ๐ง๐ข๐š ๐Š๐ž-๐Ÿ๐Ÿ”๐Ÿ•, ๐๐ซ๐š๐ฆ๐ฎ๐ค๐š ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐ƒ๐ฎ๐ง๐ข๐š ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐‹๐ž๐›๐ข๐ก ๐๐š๐ข๐ค

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ- Bertepatan dengan hari Kamis, 22 Februari 2024 diperingati sebagai Hari Kepanduan Sedunia, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd menyampaikan ucapan selamat Hari Kepanduan Sednia ke-167. Sejarah Hari Kepanduan Sedunia bertepatan dengan kelahiran Robert Baden Powell pada 22 Februari 1857 di Paddington, London.

โ€œDi Indonesia, kepanduan diprakarsai oleh Mangkunegara VII pada 1916 melalui Javaanache Padvinders Organisatie. Selamat memperingati Hari Kepanduan Sedunia, sesuai dengan tema Hari Kepanduan Sedunia 2024 โ€œScouts for a Better Worldโ€ atau โ€œPramuka untuk Dunia yang Lebih Baikโ€. Semoga Pramuka di Kota Batam maju dan menjadi lebih baik,โ€ ucapnya.

Dengan memperingati Hari Kepanduan Sedunia ini, harapannyanya dapat memotivasi untuk mempertahankan keyakinan Pramuka dan meneruskan warisannya dengan mengingat prestasinya. Selanjutnya dapat memupuk persatuan dan solidaritas di antara Pramuka di seluruh dunia. Peringatan ini sebagai perayaan bersama untuk memperkuat rasa kebersamaan dan tugas bersama.

โ€œDengan memperinati hari Kepanduan Sedunia ini, Kita dapat memenuhi Janji Pramuka yang berfungsi sebagai pedoman dalam interaksi sosial dan kehidupan pribadi. Sebagai anggota Pramuka Kita didorong untuk mewujudkan karakteristik seperti kebaikan, integritas, rasa hormat, dan suka menolong,โ€ paparnya.

Sekretaris Daerah Kota Batam ini menjelaskan bahwa Kepanduan bertujuan untuk mendidik anggota agar menjadi ksatria gagah berani dan suka menolong. Ia menjelaskan istilah Pramuka untuk menyebut Gerakan Kepanduan Nasional pada tanggal 14 Agustus 1961. Pramuka atau Praja Muda Karana bearti Jiwa Muda yang Gemar Berkarya.

โ€œGerakan Pramuka terus tumbuh dan pada tahun 1930 oranisasi ini diberi nma KBI atau kepanduan Bangsa Indonesia, pada tanggal 14 Agustus 1961 Gerakan Pramuka telah diresmikan dan pada tangal 22 Februari diperingati sebagai Hari Kepanduan Sedunia,โ€ jelas pria yang aktif diberbagai organisasi ini.(*)

Mungkin Anda juga menyukai