𝐁𝐮𝐤𝐚 𝐊𝐮𝐫𝐬𝐮𝐬 𝐊𝐊𝐌, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐀𝐩𝐫𝐞𝐬𝐢𝐚𝐬𝐢 𝐊𝐰𝐚𝐫𝐫𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐊𝐨𝐭𝐚 𝐘𝐚𝐧𝐠 𝐓𝐞𝐫𝐮𝐬 𝐁𝐞𝐫𝐢𝐧𝐨𝐯𝐚𝐬𝐢 𝐃𝐢𝐛𝐢𝐝𝐚𝐧𝐠 𝐊𝐞𝐩𝐫𝐚𝐦𝐮𝐤𝐚𝐚𝐧

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi Kursus Ketrampilan Kepramukaan (KKK) di SMP Negeri 28 Taman Raya, Jumat (9/02/2024). Kursus KKK yang digelar Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Batam Kota ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme, pengetahuan Kepramukaan dan kreatifitas Pembina Satuan di lingkungan Kwartir Ranting Batam Kota.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemukulan gong oleh Jefrisin. Di kesempatan itu Jefridin menyerahkan bendera Pataka kepada Kepala Pusdiklatcab Kota Batam. Dilanjutkan dengan melakukan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan peserta Kursus KKK.

“Kursus Ketrampilan Kepramukaan merupakan suatu kegiatan kursus pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kegiatan Kepramukaan,” jelas Jefridin, Sekretaris Daerah Kota Batam ini.

Ia mengapresiasi Kwarran Batam Kota yang terus melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan Kepramukaan dan menambah wawasan dan ketrampilan sehingga pramuka dapat berkiprah di tengah masyarakat. Sehingga apa yang dilaksanakan hari ini menjadi ibadah untuk seluruh peserta. Dijelaskannya bahwa Pramuka mengajarkan untuk bertanggungjawab pada diri sendiri dan peduli terhadap orang disekitar.

“Kepada seluruh peserta Saya ucapkan selamat mengikuti Kursus Ketrampilan Kepramukaan ini. Setelah mengikuti kegiatan ini mudah- mudahan ketrampilan basic Pramuka ini tertanam didalam diri,” katanya memotivasi.

Kepada pelatih, Ia berpesan agar memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta sesuai dengan tingkatannya masing-masing. Karena antara Penegak dengan Siaga menurutnya berbeda. Yang paling penting menurutnya adalah menguasai SKU. Setelah mengisi SKU, peserta Pramuka baru melanjutkan pada tahapan TKU.

“Saya terimakasih kepada Kwarran Batam Kota yang terus berinovasi untuk meningkatkan Kepramukaan di Kwarran ini,” ujarnya.

Ketua Kwartir Ranting Batam Kota, Agusman menyampaikan kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 9 Februari sampai dengan 11 Februari 2024 di Pantai Bale-Bale, Nongsa. Peserta menurutnya akan mendapat materi (kelas) dan praktek dari narasumber yang berasal dari Kopr Pelatih dan Pusdiklatcab Kota Batam. Adapun jumlah peserta yang mengikuti kursus KKK sebanyak 60 orang.

Untuk materi pertama akan mendapatkan pembekalan terkait prinsip dasar dan metode Kepramukaan. Selanjutnya 5 tanda pengenal Pramuka, struktur organisasi Pramuka, sistem among, kiasan dasar Kepramukaan serta sisten admnistrasi Gugus Depan.

“Untuk kegiatan praktek peserta akan mempelajari tentang teknik Kepramukaan. Seperti pionering, tali temali, panorama, menaksir, pemetaan, medan kompas, sandi, semapore, morse dan bentuk upacara S/G/T/D. Terimakasih atas kesediaan Bapak selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam yang sudah berkenan membuka kursus KKK ini,” ucapnya Agusman.(*)

Mungkin Anda juga menyukai