𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐃𝐨𝐫𝐨𝐧𝐠 𝐏𝐞𝐬𝐞𝐫𝐭𝐚 𝐌𝐓𝐐𝐇 𝐏𝐞𝐫𝐬𝐢𝐚𝐩𝐤𝐚𝐧 𝐃𝐢𝐫𝐢 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐌𝐞𝐧𝐠𝐢𝐤𝐮𝐭𝐢 𝐌𝐓𝐐 𝐓𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐊𝐨𝐭𝐚 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Kelurahan Tanjungsari Kecamatan Belakangpadang menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Al Qur’an dan Hadist (MTQH) XXXII Tahun 2024 di Gedung Serbaguna Kampung Tanjung RT.001/RW.004, Sabtu (6/01/2024). Secara resmi pelaksanaan MTQH ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. Dimulainya pelaksanaan MTQH ini ditandai dengan pemukulan beduk oleh Jefridin.

Pembukaan MTQH ini diawali dengan pawai deville oleh peserta MTQH. Rombongan pawai deville disambut Jefridin bersama dengan Camat Belakangpadang, Yudi Admajianto dan Unsur Muspika Kecamatan Belakangpadang.

“Saya atas nama Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi, berterimakasih dan mengapresiasi lurah dan jajarannya yang telah menaja pelaksanaan MTQH ini dengan sangat meriah,” ujarnya mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Dalam sambutannya Ia menyemangati peserta MTQH Tingkat Kelurahan Tanjungsari untuk mempersiapkan diri hingga dapat berlomba pada MTQH tingkat Kota Batam. Namun sebelumnya akan dilaksanakan MTQH Tingkat Kecamatan. MTQH Tingkat Kota Batam menurutnya akan digelar pada awal Maret dan MTQH Tingkat Provinsi akan digelar pada Mei mendatang di Kota Batam.

“Untuk itu berikan penampilan terbaik pada pelaksanaan MTQH Kelurahan ini. Karena peserta yang menjadi yang juara akan diutus untuk mengikuti MTQH Tingkat Kecamatan. Juara pada MTQH di Tingkat Kecamatan, akan diutus untuk mewakili Kecamatan pada MTQ Tingkat Kota bahkan di tingkat Provinsi dan nasional. Untuk itu jadilah juara agar dapat menjadi perwakilan Kota Batam untuk tampil di tingkat yang lebih tinggi,” katanya memotivasi.

Ia mengatakan pelaksanaan MTQH ini selain ajang untuk mencari qori dan qoriah, tujuan lainnya bagaimana membudayakan baca tulisan Al Quran. Karena Al Quran merupakan pedoman hidup bagi umat muslimin. Bagaimana umat muslimin bisa memahami dan mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Tadi sungguh sangat luar biasa penampilan anak-anak TPQ yang membawakan shalawat. Terimakasih sudah memberi edukasi pada anak-anak Kita. Terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berkolaborasi untuk mendukung MTQH ini,” ucapnya.

Ia memaparkan bahwa Wali Kota Batam bukan hanya fokus pada pembangunan pembangunan fisik, namun diseimbangkan dengan pembangunan rohani. Yakni dibidang pendidikan dan agama. Itulah kenapa Pemko Batam memberikan insentif kepada guru TPQ, karena sebagai ucapan terimakasih dan semangat untuk memotivasi para guru TPQ yang telah memberikan bimbingan pada anak-anak termasuk pelaksanaan MTQH pada hari ini.

“MTQH ini dilaksanakan di 64 Kelurahan se Kota Batam. Terimakasih kepada RT/RW dan masyarakat yang sudah berkontribusi dalam penyelenggaraan MTQH ini. Pelaksanaan MTQ ini merupakan kebijakan Wali Kota Batam yang juga fokus untuk memberikan pendidikan agama kepada anak-anak Kita,” pungkasnya.

Ketua pelaksana MTQH Kelurahan Tanjung Sari, Samiran mengucapkan terimakasih kepada Sekretaris Daerah Kota Batam yang telah membuka pelaksanaan MTQH Kelurahan Tanjungsari. Ia berharap MTQH yang berlangsung selama tiga hari ini dapat berjalan dengan sukses hingga selesai.(*)

Mungkin Anda juga menyukai