๐Š๐š๐ง๐ซ๐ž๐  ๐—๐ˆ๐ˆ ๐๐Š๐ ๐๐ž๐ค๐š๐ง๐›๐š๐ซ๐ฎ ๐†๐ž๐ฅ๐š๐ซ ๐‘๐š๐ค๐จ๐ซ ๐Š๐ž๐ฉ๐ž๐ ๐š๐ฐ๐š๐ข๐š๐ง ๐๐ข ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ, ๐๐š๐ก๐š๐ฌ ๐„๐ฏ๐š๐ฅ๐ฎ๐š๐ฌ๐ข ๐’๐ž๐ฅ๐ž๐ค๐ฌ๐ข ๐‚๐€๐’๐ ๐๐š๐ง ๐๐ž๐ง๐š๐ญ๐š๐ฉ๐š๐ง ๐๐ˆ๐ ๐๐๐๐Š

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ – Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pekanbaru menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kepegawaian se-Wilayah Kerja Kantor Regional XII BKN Pekanbaru di Ballroom Aston Hotel & Residence Kota Batam, Senin (18/13/2023). Rapat Koordinasi Kepegawaian bertemakan Evaluasi Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023 dan Persiapan Penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) diikuti peserta se-Wilayah Kerja Kantor Regional XII BKN Pekanbaru. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta Rapat Koordinator Kepegawaian se-Wilayah Kerja Kantor Regional XII BKN Pekanbaru.

“Saya atas nama Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi mengucapkan terimakasih kepada Kepala Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, Ibu Anna Hasnah Hasarudin yang telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kepegawaian ini di Kota Batam. Beberapa waktu yang lalu BKN Republik Indonesia juga menyelenggarakan Rapat Koordinasi yang sama, dan diikuti oleh 14 Kantor Resgional se-Indonesia. Kepada seluruh peserta Saya ucapkan selamat datang di Kota Batam Bandar Dunia Madani,” tuturnya.

Diungkapkannya melalui kegiatan ini dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Karena dari hotel dan restoran, Pemko Batam menerima 10 persen pajak. Kondisi Batam pada saat ini sedang masif melaksanakan pembangunan infrastruktur di Batam, baik jalan, bandara maupun pelabuhan. Bandara Hang Nadim menurutnya akan dibangun terminal dua oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam. Begitu juga dengan jalan dari arah bandara sampai bundaran Punggur akan dilebarkan, msasing-masing jalur akan dibangun lima lajur. Tujuan pembangunan infrastruktur di Kota Batam ini disamping membuka akses orang datang berkunjung ke Batam juga agar investor tertarik untuk menanamkan investasinya di Kota Batam.

โ€œBatam bukan hanya fokus pada pembangunan infrastruktur tapi juga peningkatan Sumber Daya Manusia. Alhamdulillah pada tahun 2023 ini Pemko Batam mendapatkan formasi untuk 844 orang. Sekarang dalam proses penetapan Nomor Induk Pegawai. Untuk itu Saya berharap BKPSDM Kota Batam dibawah komando Bu Asnah dapat mengikuti Rapat Koordinasi dengan baik. Dan bagi peserta yang berasal dari luar dapat betah dan nyaman selama berada di Kota Batam,โ€ tuturnya.

Dijelaskannya bahwa Pemko Batam melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam telah melaksanakan seleksi Computer Assisted Test (CAT) untuk formasi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seleksi CAT diselenggarakan pada bulan November selama empat hari yang diikuti 1.877 peserta. Secara keseluruhan jumlah pelamar tahun 2023 sebanyak 3.545 peserta. Peserta ang memenuhi persyaratan berjumlah 1.877 peserta dan yang tidak memenuhi persyaratan berjumlah 1.668 peserta. Adapun jumlah formasi PPPK Tahun 2023 di lingkungan Pemko Batam berjumlah 844. Tenaga guru peserta yang mengikuti ujian CAT berjumlah 561 orang dengan formasi 277. Untuk tenaga kesehatan jumlah peserta ujian 470 orang dengan formasi 168 dan tenaga teknis peserta yang mengikuti ujian 864 peserta dengan 399 formasi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rapat Koordinasi Kepegawaian menyampaikan Evaluasi Pelaksanaan Seleksi CASN merupakan hal yang penting untuk memastikan proses seleksi dilakukan secara adil transparan dan menghasilkan kualitas calon ASN yang terbaik untuk melayani masyarakat dengan baik. Evaluasi ini juga untuk membantu mengidentifikasi keurangan dan perbaikan lebih lanjut. Selanjutnya proses penetapan NIP PPPK merupakan tindak lanjut dari proses seleksi CASN untuk itu perlu ada persiapan dan penyamaan. Diantaranya narasumber pada kegiatan ini Direktur Pengadaan dan Kepangkatan, Direktorat Pengelolaan Data dan Penyajian Informasi Kepegawaian BKN dan Pejabat Administrator dari Kantor Regional XII Pekanbaru.

โ€œAdapun peserta pada kegiatan Rakor ini adalah Kepala BKD, BKPSDM Provinsi dan pegawia teknis yang terlibat se Wilayah Kantor Regional XII BKN Pekanbaru yang terdiri dari Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Sumatera Barat. Sementara pelaksanaan seleksi CASN Kantor Regional XII BKN Pekabanbaru tersebar di 16 titik lokasi dengan jumlah peserta 109.124 dengan 114 ribu peserta yang mendaftar,โ€ jelasnya.(*)

 

Mungkin Anda juga menyukai