𝐅𝐨𝐫𝐮𝐦 𝐊𝐨𝐧𝐬𝐮𝐥𝐭𝐚𝐬𝐢 𝐏𝐮𝐛𝐥𝐢𝐤 𝐑𝐏𝐉𝐏𝐃 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝟐𝟎𝟐𝟓-𝟐𝟎𝟒𝟓, 𝐑𝐮𝐝𝐢: 𝐏𝐞𝐫𝐞𝐧𝐜𝐚𝐧𝐚𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐦𝐛𝐚𝐧𝐠𝐮𝐧𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐦𝐢 𝐀𝐧𝐚𝐤 𝐂𝐮𝐜𝐮

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menegaskan, perencanaan pembangunan Kota Batam mempertimbangkan semua pihak, termasuk generasi masa depan.

Hal itu disampaikan Wali Kota saat menghadiri Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Batam Tahun 2025-2045 di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (12/12/2023).

“Perlu saya tegaskan bawa perencanaan pembangunan ini demi anak cucu kita,” ujar Rudi.

Untuk itu, RPJPD 2025-20245 nanti harus mempertimbangkan pola pikir pemuda saat ini sehingga perencanaan pembangunan hingga 2045 nanti tepat sasaran.

“Yang kita rencanakan hari ini bukan untuk kita, sekali lagi saya tegaskan untuk Bapelitbangda bahwa yang kita siapkan saat ini untuk anak cucu kita,” tegas Rudi.

Perencanaan ini juga harus mempertimbangkan target Indonesia emas pada 2045. Ia berpesan, perencanaan harus matang dan sempurna.

“Kalau perencanaan kita sempurna, maka akan sempurna. Jika bermasalah, maka akan jadi masalah,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap, apa yang tertuang dalam RPJPD 2025-2045 ini benar-benar sempurna demi masa depan Kota Batam yang lebih baik.

“Tuangkan dalam RPJPD ini, sehingga siapapun yang meneruskan kepemimpinan ini akan mudah dan tinggal menjalankan saja,” kata Rudi.

Selama ini, lanjut dia, pihaknya sudah membangun Batam merata tak hanya diperkotaan saja, melainkan hingga ke permukiman.

“Pembangunan kota harus merata. Apa yang harus kita siapkan, kita bikin daya tarik bagi Kota Batam,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Batam, Dahlina Nopilawati, melaporkan, bahwa setelah memperoleh masukan pada Rancangan Awal (Ranwal) RPJPD dan akan dirumuskan dalam berita kesepakatan dengan semua unsur pemangku kepentingan.

“Forum konsultasi publik ini diikuti semua stakeholder di antaranya unsur pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga tokoh masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya juga sudah melakukan evaluasi RPJPD sebelumnya hingga menggelar FGD dalam mengumpulkan masukan yang kemudian dibawa dalam forum konsultasi tersebut.

“Dalam penyusunan RPJPD ini, kami juga bersama BP Batam untuk mensinkronkan perencanaan jangka panjang. Tahapan selanjutnya, Musrenbang yang akan dilaksanakan tahun depan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bapelitbangda juga menjabarkan hasil evaluasi RPJPD sebelumhya. Hadir dalam forum konsultasi tersebut sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Batam hingga Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam.

Mungkin Anda juga menyukai