𝐈𝐦𝐚𝐦 𝐌𝐚𝐬𝐣𝐢𝐝/𝐌𝐮𝐬𝐡𝐚𝐥𝐥𝐚 𝐈𝐤𝐮𝐭𝐢 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐭𝐢𝐡𝐚𝐧, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐔𝐧𝐠𝐤𝐚𝐩𝐤𝐚𝐧 𝐢𝐧𝐢 𝐒𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐁𝐞𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐊𝐨𝐥𝐚𝐛𝐨𝐫𝐚𝐬𝐢 𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝐔𝐦𝐚𝐫𝐚’ 𝐝𝐚𝐧 𝐔𝐥𝐚𝐦𝐚

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan Pelatihan Ikatan Persaudaraan Imam Masjid/Mushalla (IPIM) Kota Batam di Hotel Swissbell Harbourbay Kamis (16/11/2023). Kegiatan pelatihan IPIM Kota Batam dibuka Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. juga dihadiri Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

“Terimakasih kepada panitia yang sudah menyelenggarakan pelatihan ini. Semoga pelatihan ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi Kita,” tuturnya.

Jefridin menuturkan terselenggaranya pelatihan ini sebagai wujud kolaborasi antara pemerintah (umara’) dengan ulama. Selama ini di bawah kepemimpinan Wali Kota Batam, sudah memberikan perhatian kepada ulama dan organisasi Islam yang ada di Kota Batam.

“Selain memberikan insentif, Pemko Batam juga menyelenggarakan pelatihan ini. Jika PAD Kota Batam meningkat tentunya pelatihan seperti ini bisa lebih sering digelar,” ucap Ketua PHBI Kota Batam ini.

Jefridin juga mengajak agar Imam masjid/Mushalla mendoakan agar Batam senantiasa aman, nyaman dan kondusif. Semoga program yang sudah dikerjakan selama ini dibuat berkelanjutan sehingga kesejahteraan terus berlangsung. Dengan begitu Visi Kota Batam menjadikan Batam sebagai Kota Madani, Modern dan Sejahtera terwujud.

Ketua IPIM Kota Batam, KH. Lukman Rifa’i mengatakan melalui pelatihan ini dapat meningkatkan silahturahim persaudaraan para imam masjid. Ia juga menyampaikan tujuan dari IPIM Kota Batam, bahwa imam masjid/mushalla di Kota Batam mempunyai satu solidaritas yang sama dalam wadah organisasi ini.

“Alhamdulillah dalam konflik Palestina solidaritas dari IPIM Kota Batam sudah terkumpul Rp76 juta. Ini adalah bentuk solidaritas IPIM,” ucapnya.

Organisasi ini juga untuk meningkatkan kompetensi para imam masjid/mushalla.

“Mudah-mudahan melalui pelatihan ini dapat menjawab apa yang menjadi pertanyaan selama ini. Semoga melalui materi yang disampaikan nantinya bermanfaat bagi Kita semua,” sebutnya.

Selanjutnya IPIM juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan imam di Kota Batam. Bersyukur karena selama ini Pemko Batam sudah memberikan insentif bagi para imam masjid/mushalla. Ia juga mengucap terimakasih atas insentif yang diberikan, ini menurutnya bentuk perhatian dari Wali Kota Batam.

Kepala Bagian Kesra Setdako Batam, Mahlil menyampaikan pelatihan ini diikuti oleh 100 orang peserta. Dengan narasumber Ketua IPIM Kota Batam, KH. Lukman Rifai, Ketua MUI Pusat Wakil Rais’Am PBNU, KH. afifudin Muhajir, M. Ag. dan Sekretaris Umum MUI Kota Batam, Syukri Ilyas.(*)

 

Mungkin Anda juga menyukai