𝐌𝐞𝐧𝐮𝐣𝐮 𝐒𝐦𝐚𝐫𝐭 𝐂𝐢𝐭𝐲, 𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐏𝐢𝐦𝐩𝐢𝐧 𝐏𝐞𝐦𝐚𝐩𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐫𝐤𝐞𝐦𝐛𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐊𝐨𝐭𝐚 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus berkomitmen menuju kota cerdas atau Smart City. Hal itu bisa dilihat dari berbagai fasilitas yang terus dibangun oleh Pemko Batam di bawah kepemimpinan Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan mengatakan upaya menjadikan Kota Batam sebagai salah kota yang Smart City terus dilakukan. Mulai dari pembangunan infrastruktur hingga peningkatan layanan masyarakat berbasis digitalisasi.

“Ini sejalan dengan program Bapak Wali Kota Batam (Muhammad Rudi) merubah wajah Batam menjadi kota baru,” kata mantan Kabag Organisasi Pemko Batam tersebut, Jumat (3/11/2023).

Hal itu disampaikannya saat zoom evaluasi tahap II program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2023. Menindaklanjuti pelaksanaan evaluasi implementasi Smart City Tahap I yang telah dilaksanakan tanggal 12-14 Juni 2023 lalu.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga melaporkan terkait dengan tingkat kemiskinan, stunting, tanggap bencana alam, fasilitas dan utilitas serta banyak hal lainnya terkait Kota Batam. Selain itu juga terkait rencana pengembangan Kota Batam ke depannya.

“Ada banyak hal yang kita laporkan, termasuk juga tadi beberapa terobosan dalam pelayanan. Contohnya di Disduk yang membuat aplikasi Lakse, dimana dengan aplikasi ini masyarakat cukup menggunakan smartphone untuk mengurus dokumen kependudukan,” katanya.

Sementara terkait penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM), saat ini banyak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Perguruan Tinggi (PT) yang membuka jurusan di bidang digitalisasi. Kemudian saat ini juga banyak perusahaan yang mengalokasikan anggaran untuk pendidikan.

“Jadi ada beberapa perusahaan yang memberikan beasiswa untuk anak-anak Batam memenuhi pendidikan di bidang digitalisasi,” katanya.

 

Mungkin Anda juga menyukai