Hadiri Kegiatan Pengamanan Pemilu 2024, Jefridin Berharap Pemilu Berjalan Aman dan Lancar

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menghadiri  Kegiatan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu 2023-2024 di Lapangan Temenggung Abdul Jamal, Kamis (12/10/2023).

“Atas nama Pemerintah Kota Batam, atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengucapkan terima kasih kepada Polda Kepri yang telah menyelenggarakan  Pelatihan Pengamanan Kota dalam rangka kesiapan Pemilu ini. Tentu kita juga berharap situasi pelaksanaan Pemilu di tahun 2024 mendatang berjalan dengan lancar, aman, nyaman dan kondusif,” ujarnya.

Jefridin menuturkan bahwa koordinasi dan peran aktif dari semua pihak harus terus ditingkatkan. Sehingga tahapan Pemilu tahun 2024 berjalan dengan lancar dan baik. Pemko Batam akan mendukung penuh pelaksanaan Pemilu tahun 2024 dan siap berkoordinasi dengan seluruh pihak.

“Saya atas nama Wali Kota, mengajak seluruh masyarakat Kota Batam untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pemilu. Jangan terpecah belah dan mari bersatu padu sehingga Kota Batam tetap aman, nyaman dan kondusif dari tahapan Pemilu sampai Pemilu berakhir,” harapnya.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Tabana Bangun, mengungkapkan pelatihan ini dalam upaya memastikan kesiapan pengamanan menjelang Pemilihan Umum 2024. Dalam sambutannya, Kapolda Kepri menjelaskan bahwa simulasi Sispamkota dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan personel dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi dalam pengamanan Pemilihan Umum 2024.

“Saya harapkan personil baik TNI/Polri dapat menjalankan tugas pengamanan sesuai dengan SOP. Lakukan koordinasi dengan pihak penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu. Kita TNI/Polri harus bersikap netral,” himbaunya.

Usai apel Sispamkota dilanjutkan dengan memperagakan enam skenario dalam tahapan Pemilihan. Diantaranya simulasi mencakup patroli untuk menciptakan kondisi harkamtibmas, tahap kampanye, pengawalan pendistribusian logistic dan tahap pemungutan suara. Serta pengawalan hasil pemungutan suara.(*)

Mungkin Anda juga menyukai