Serahkan Sertifikat Halal, Jefridin Berharap UMKM Batam Semakin Maju

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakilkan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menyerahkan secara simbolis sertifikat halal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kecamatan Sagulung di Aula lantai 3 SP Plaza, Jumat (22/09/2023). Sertifikat halal ini merupakan program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Terimakasih kepada Bapak/Ibu yang sudah mendukung program Pemerintah dan mendaftarkan usahanya untuk mendapatkan sertifikat halal. Mudah-mudahan usaha Bapak/Ibu semakin maju,” ucapnya mendoakan.

Dalam kesempatan itu Ia menyampaikan pesan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, agar masyarakat Batam ambil manfaat dari pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Saat ini Pemko Batam/BP Batam gencar untuk membangun infrastruktur baik jalan, bandara maupun pelabuhan.

“Semua dilakukan tidak lain adalah untuk menarik orang datang ke Batam. Baik investor maupun wisatawan mancanegara dan domestik. Dari kunjungan ini lah orang akan datang dan membeli produk-produk UMKM,” paparnya.

Untuk packaging, menurutnya pelaku usaha bisa mengikuti pelatihan packaging ke Dinas Koperasi dan UKM Kota Batam. Jefridin meminta agar pihak Kecamatan segera berkoordinasi dengan Dinas Koperasi sehingga UMKM yang sudah menerima sertifikat halal dapat mengikuti pelatihan untuk packaging.

“Jika label halal sudah ada, pengemasan sudah oke. Saya yakin UMKM di Kota Batam akan keren dan maju. Mari kita terus bergandeng tangan berkolaborasi dengan Pemerintah,” sebut ayah dua anak ini.

Camat Sagulung, Muhammad Hafis Rozie mengucapkan terimakasih kepada pihak Halal Centre Cendikia Muslim yang telah memfasilitasi pemberian sertifikat halal bagi masyarakat di Kecamatan Sagulung. Ia mengajak agar lurah dapat menginformasikan program Sehati ini kepada RT/RW. Sehingga seluruh pelaku usaha di Kecamatan Sagulung mengantongi label halal pada produk makanannya.

“Terimakasih kepada Pak Sekda yang sudah hadir bersama Kita di sini untuk menyerahkan sertifikat halal yang sudah terbit. Saya diminta oleh Pak Sekda untuk bekerjasama dengan Halal Centre Cendikia Muslim, bagaimana kami bisa memfasilitasi kegiatan ini. Ini yang kedua kalinya, pertama ada 150 sertifikat dan tahap ke dua ini ada 230 sertifikat,” tuturnya.

Ketua Panitia yang juga dari Halal Centre Cendekia Muslim, Affuandris mengucapkan selamat dan berkah atas usaha yang ditekuni. Harapannya, pelaku usaha di Kota Batam semakin maju dan UMKM mampu bersaing. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Kecamatan Sagung yang sudah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan hari ini.

“Terimakasih kepada Pak Sekda sudah bersedia hadir dalam kegiatan ini. Ada 200 pelaku UMKM yang hari ini akan menerima labelisasi sertifikat halal dari Kemenag RI. Alhamdulillah UMKM Batam naik kelas untuk labelitas dan pelabelan. Kita harus melek terhadap digitalisasi,” sebutnya.

Sejak awal Halal Centre Cendikiawan Muslim sudah terbitkan label halal sebanyak 1.600 sertifikat halal.(*)

Mungkin Anda juga menyukai