Lantik Pengurus Kwarran Batu Aji, Jefridin Ingatkan Kepramukaan Adalah Wadah Untuk Menempah Diri

MC Pemko Batam – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd melantik Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Batu Aji Masa Bakti 2022-2025 di Kantor Kecamatan Batu Aji, Sabtu (26/08/2023).

Adapun yang dilantik adalah Majelis Pembimbing (Mabi) Ranting dan Pengurus Kwartir Ranting Kecamatan Batu Aji Masa Bakti 2022-2025. Selaku Kwarcab Kota Batam, Jefridin membacakan Surat Keputusan (SK), Tri Satya dan Ikrar Majelis Pembimbing Ranting, Ikrar Pengurus Kwartir Ranting dan kataโ€“kata.

 Dilanjutkan dengan penandatangan Naskah Pelantikan, dan Penyematan Tanda Jabatan. Secara simbolis penyematan tanda jabatan disematkan kepada Ketua Mabiran Kecamatan Batu Aji, Faisal Novrieco.

โ€œSelamat semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas. Jadikan ini sebagai ladang pengabdian dan mencari pahala, dan mendekatkan kita pada Tuhan yang Maha Esa,โ€ ujar Jefridin.

Ditegaskannya bahwa Pramuka adalah orang-orang yang selalu berpikir positif pada siapapun. Dan Pramuka adalah wadah tempat menempah diri agar dapat  menjadi  manusia yang lebih bermanfaat. Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga.

“Bahwa prinsip dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan sasaran akhirnya adalah pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur,” papar Jefridin.

Harapannya sebagai Ketua Kwarcab Kota Batam agar kegiatan Kepramukaan Kwarcab Kota Batam semakin maju dan menunjukkan kiprahnya. Sebagaimana diatur dalam Undang-undang No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

โ€œBuatlah pendidikan kepramukaan dengan berbagai kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, terarah dan praktis. Kepramukaan ini adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia,” pungkasnya.(*)

Mungkin Anda juga menyukai