Hidupkan Seni dan Budaya Tradisional, Jefridin Serahkan Bantuan Alat Musik Hadroh Dan Kompang

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menyerahkan Alat Musik Kompang dan Hadroh di Aula Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM), Jumat (11/08/2023). Bantuan alat musik ini merupakan hibah dari Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2023.

Secara simbolis, Jefridin menyerahkan alat musik Kompang dan Hadroh kepada perwakilan yayasan yang hadir. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan berita acara serah terima bantuan alat musik dari Disbudpar Kota Batam kepada perwakilan yayasan penerima yang disaksikan anggota DPRD Kota Batam Tan Atie dan Muhamad Rudi.

“Tujuan dari pengadaan alat ini untuk menghidupkan seni budaya kita salah satunya melalui alat musik Kompang dan Hadroh. Ini merupakan alat musik tradisional yang ada di Indonesia khususnya di Batam. Dengan seni kita bisa mengapresiasikan dan aktualisasikan seni itu. Melalui seni kita syiarkan agama,” ujar Jefridin dalam sambutannya.

Atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Jefridin mengucapkan terimakasih kepada Disbudpar yang telah mengakomodir Pokok Pikiran (Pokir) DPRD Kota Batam sehingga pengadaan alat musik Kompang dan Hadroh dapat terealisasi. Harapannya alat musik ini dapat bermanfaat bagi yayasan penerima. Karena  Anggota DPRD Kota Batam menurutnya sudah memperjuangkan aspirasi dari masyarakat.

“Semoga yayasan yang menerima bantuan alat musik ini bisa mengikuti kompetisi Hadroh yang akan diselenggarakan oleh Disbudpar. Selain ikut berkompetisi, pastinya harus menang. Saya juga mau mengucapkan terimakasih atas kolaborasi dalam mendukung pembangunan di Kota Batam. Semoga kolaborasi ini dapat terus berlanjut, karena pembangunan Kota Batam ini masih panjang,” sebut suami Hj. Hariyanti ini.

Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata melaporkan secara simbolis pada siang itu ada delapan perwakilan yayasan yang menerima bantuan alat musik Kompang dan Hadroh. Adapun alat musik Kompang berjumlah 198 unit, alat musik Hadroh 274 unit dan Sound System sebanyak 15 unit.

“Semoga alat musik ini bermanfaat, karena ini merupakan usulan dari pokok pikiran anggota DPRD Kota Batam. Tahun ini Disbudpar juga akan menyelenggarakan kompetisi Hadroh

semoga sanggar yang menerima bantuan dapat ikut serta dalam kompetisi ini nantinya,” ujar mantan Kabag Humas Setdako Batam ini.(*)

Mungkin Anda juga menyukai