Sambut Idul Adha, Pemko Gelar Pawai Takbir dan Lomba Mobil Hias

MC Pemko Batam – Pemerintah Kota (Pemko) akan menggelar Pawai Takbir Idul Adha tingkat Kota Batam Tahun 2023/1444 Hijriah, Rabu (28/6/2023). Dalam rapat teknis Pelaksanaan Pawai dan Shalat Idul Adha yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. disebutkan Pawai Takbir dimulai pukul 19.30 WIB, dan dipusatkan di Dataran Engku Hamidah.

“Pawai takbir ini digelar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha. Pawai akan diikuti seluruh OPD, dan organisasi lainnya. Pawai nanti akan dilepas langsung oleh Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi,” sebut Jefridin, Rabu (07/06/2023).

Selain pawai takbir, juga dilaksanakan lomba mobil hias. Pemko Batam menyiapkan hadiah hingga Rp 36 juta bagi pemenang mobil hias ini. Untuk bisa mengikuti lomba ini mobil harus memenuhi beberapa kriteria Pertama menggunakan mobil pick up atau lori maksimal roda enam. Kedua, tinggi mobil hias maksimal 4 meter, dan tinggi dari permukaan aspal 50 sentimeter.

Ketiga, peserta pawai antara 7 sampai 10 orang. Keempat, peserta dapat menampilkan logo dan slogan. Kelima, dimensi hiasan atau dekorasi menyesuaikan dengan jenis kendaraan. Keenam, kontruksi hiasan atau dekorasi dirancang sedemikian rupa dan tetap mempertimbangkan pergerakan dan manuver kendaraan dalam rangka keselamatan berlalu lintas (pandangan pengemudi dan penerangan dan lain-lain).

“Rute yang dilalui sama dengan pawai takbir pada Idul Fitri lalu, start dari Dataran Engku Hamidah dan finish di Simpang Tembesi. Saya minta kepada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam untuk mengecek kondisi lampu jalan. Jangan ada lampu jalan yang mati,” pesannya.

Adapun kriteria penilaian pawai takbir, lafadz dan suara, dekorasi kendaraan sesuai dengan tema Idul Adha, kerapian dan keserasian, jumlah peserta dan kekompakkan dan ketertiban dalam berlalu lintas. Selain pawai takbir, pemko juga menggelar gema takbir Idul Adha. Hiburan musik lokal di Dataran Engku Hamidah.

“Semoga ini menjadi hiburan bagi masyarakat Kota Batam. Bersama-sama kita berkumpul untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Saya atas nama Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengimbau masyarakat Kota Batam untuk meramaikan malam takbiran di Dataran Engku Hamidah,” ujarnya.

Sementara untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam dilaksanakan pada Kamis (29/06/2023) dimulai pukul 07.00 WIB s/d selesai. Tempat Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam menurutnya ditetapkan tiga lokasi, Dataran Engku Putri Batam Centre , Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturrahman, Sei Harapan.

Rapat diikuti Kepala Kementerian Agaman Kota Batam, Zulkarnain Umar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Batam, yusfa Hendri serta pimpinan OPD dan Camat Kota Batam.

Mungkin Anda juga menyukai