Batam Pertahankan Juara Umum STQH Kepri

Borong Juara di Semua Cabang Perlombaan

MC Pemko Batam – Kota Batam sukses menjadi juara umum Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) X tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Secara langsung, piala bergilir diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, kepada Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, saat penutupan STQH X Kepri di Karimun, Minggu (14/5/2023) malam.

Batam menjadi kafilah terbaik dengan sukses mengumpulkan 71 poin. Secara berturut, di bawah Batam yakni Karimun 38 poin, Tanjung Pinang 22 poin, Lingga 18 poin, Bintan 16 poin, Natuna 9 poin, dan Anambas 5 poin.

“Alhamdulillah, semua cabang yang dilombakan, Batam menorehkan sebagai juara,” kata Rudi.

Dengan prestasi ini, Batam mempertahankan juara umum. Di mana, sebelumnya, prestasi sama diraih pada STQH IX Kepri tahun 2021 lalu.

Untuk diketahui, capaian Kafilah Batam pada STQH X Kepri ini sukses memborong juara di semua cabang lomba.

Adapun, capaian Kafilah Batam yakni Tilawah Anak-Anak Putra juara II, Tilawah Anak-Anak Putri juara I ,Tilawah Dewasa Putra juara II , dan Tilawah Dewasa Putri juara I.

Kemudian, Tahfiz 1 Juz dan Tilawah Putra juara I, Tahfiz 1 Juz dan Tilawah Putri juara III,Tahfiz 5 Juz dan Tilawah Putra juara I, dan Tahfiz 5 Juz dan Tilawah Putri juara II.

Selanjutnya, Tahfiz 10 Juz Putra juara IV, Tahfiz 10 Juz Putri juara II, Tahfiz 20 Juz Putra juara I, Tahfiz 20 Juz Putri juara I, dan Tahfiz 30 Juz Putra juara I.

Selain itu, Tahfiz 30 Juz Putri juara I, Tafsir Bahasa Arab Putra juara III, Tafsir Bahasa Arab Putri juara I, Hadits 100 Sanad Putra juara III, Hadits 100 Sanad Putri juara II, Hadits 500 Sanad Putra juara I, dan Hadits 500 Sanad Putri juara I.

“Terima kasih sudah mengharumkan nama Kota Batam,” ujar Rudi kepada Kafilah Batam.

Rudi mengatakan, prestasi ini sangat penting mengingat Batam kini terus mengembangkan bidang agama, baik dari fasilitasnya hingga sumber daya manusianya.

“Ini mengokohkan Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang Modern dan Sejahtera,” tegas Rudi.

Rudi tak henti memanjatkan syukur atas prestasi yang diukir Kafilah Batam. Ia berharap, kemenangan ini manjadi pemacu semangat generasi Batam untuk lebih baik lagi.

“Pertahankan prestasi ini, ke depan, Batam harus lebih baik lagi, dan kami terus menyiapkan generasi Qur’ani yang unggul,” katanya.

Target juara umum yang kini berhasil diraih Kafilah Batam tak lepas dari persiapan yang sudah dilakukan Kota Batam. Bahkan, Pemerintah Kota Batam menggelar pemusatan latihan hingga dua kali.

“Kerja keras bersama ini, semata-mata demi mengharumkan nama Kota Batam. Juara ini harus terus dipertahankan,” pesan Rudi.

“Teruslah berprestasi, bawa nama baik Batam baik di tingkat provinsi hingga nasional maupun internasional,” tambah Rudi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, berharap perhelatan STQH ini menjadi sebuah motivasi dan spirit masyarakat Provinsi Kepulauan Riau untuk semakin mencintai Al-Qur’an sebagai tuntunan dan pedoman hidup di dunia dan akhirat.

“Kecintaan terhadap kitab Allah ini hendaknya direalisasikan dalam aksi nyata dalam kehidupan sehari-hari,” pesan Marlin.

Ia melanjutkan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengimbau kepada seluruh pengurus LPTQ Provinsi Kepulauan Riau agar setelah pelaksanaan STQH ini berakhir, segera menyusun jadwal dan rencana untuk para peserta agar diberikan pemantapan pemusatan pelatihan dalam rangka persiapan mengikuti STQH Tingkat Nasional pada bulan Oktober yang akan datang di Propinsi Jambi.

“Kepada peserta yang berhasil pada STQH kali ini, saya pesankan agar terus dan senantiasa berlatih serta mempersiapkan diri. Gunakan waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya dalam mengamalkan atau mengulang kembali materi-materi yang telah disampaikan oleh para pelatih, pada pemusatan pelatihan nanti, agar memanggil para pelatih dari Provinsi dan juga mengundang pelatih nasional,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Marlin tak lupa mengucapkan selamat kepada Kafilah Kota Batam yang berhasil meraih predikat Juara Umum pada STQH ke-X tingkat Propinsi Kepri tahun ini. Begitu juga kami ucapkan selamat kepada kafilah Kabupaten Lingga sebagai Terbaik 1 lomba Qasidah Rebana, Kabupaten Karimun untuk Lomba Pawai Ta’aruf dan Kota Batam untuk Bazar Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2023.

“Kepada kafilah kabupaten/kota lainnya mari kita terus tingkatkan pelatihan-pelatihan di daerah dalam rangka memajukan pembinaan di daerah masing-masing,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai