Pendidikan Investasi Berharga dan Harus Merata

MC Pemko Batam – Jefridin, M. Pd. Sekretaris Daerah Kota Batam mengatakan bahwa pendidikan di Kota Batam harus merata. Generasi penerus di Kota Batam baik yang di mainland maupun hinterland menurutnya harus ambil bagian dan ikut andil dalam proses pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Batam.

“Masyarakat Batam yang bermastautin di pulau harus ikut andil dalam rangka mengisi pembangunan Batam. Pendidikan adalah investasi yang sangat berharga,” sebut Jefridin dalam sambutannya dihadapan masyarakat Pulau Buluh saat melaksanakan Safari Ramadhan di Mushalla Darul Ikhsan, Jumat (31/03/2023).

Katanya, pada tahun 2045 bertepatan dengan 100 tahun usia Rebuplik ini, Indonesia masuk sebagai kategori negara maju dan berada urutan ke lima. Untuk menyongsong masa itu menurutnya pendidikan adalah jawabannya. Pemerintah Kota Batam menurutnya fokus di bidang pendidkan. Terbukti dengan keberpihakan anggaran pendidikan lebih dari 20 persen APBD Batam dialokasikan untuk pendidikan, lebih besar dari yang diamanatkan oleh Undang-undang.

Di Pulau Buluh sudah ada fasilitas pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). “Mari sekolahkan anak kita, agar nanti anak kita bisa ikut andil dalam pembangunan Batam.

Jefridin juga mengatakan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi bertujuan agar orang tertarik datang ke Batam. Letak Batam yang strategis dan berbatasan langsung dengan Singapura dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Batam untuk menarik investor menanamkan investasinya di Kota Batam. Begitu juga turis mancanegara dan domestik akan tertarik untuk berkunjung ke Batam.

“Itu lah yang menjadi alasan Bapak Wali Kota membangun infrastruktur jalan, bandara dan pelabuhan. Jika orang datang menanamkan investasinya maka akan terbuka lapangan pekerjaan. Untuk mengisi lapangan pekerjaan diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki pendidikan sesuai yang dibutuhkan. Pendidikan itu investasi Bapak/Ibu yang tiada tara nilainya,” ungkap ayah dua anak ini lagi.

Tujuan lainnya pembangunan infrastruktur di Kota Batam yakni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Batam. Banyaknya investor yang menanamkan investasi akan menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran di Kota Batam. Begitu juga ketika turis baik mancanegara maupun domestik berkunjung ke Batam, akan ada pajak yang diterima Pemko Batam, dari hotel, restoran dan hiburan.

“Pajak ini lah yang digunakan untuk membangun infrastruktur, pengembangan SDM. Mari sama-sama kita dukung pembangunan di Kota Batam. Dan menjaga kota ini agar nyaman, aman dan kondusif. Agar mimpi menjadikan Batam sebagai kota Madani, Modern dan sejahtera dapat terwujud,” katanya semangat.

Dalam kesempatan itu, Jefridin juga menyerahkan bantuan senilai Rp 50 juta kepada pengurus Mushalla Darul Ikhsan. “Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk kelanjutan pembangunan Mushalla ini,” tutupnya.

Pengurus Mushalla Darul Ikhsan, Khairul menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah Kota Batam. “Bantuan ini akan kami gunakan untuk renovasi Mushalla ini,” tuturnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai