Lepas Ratusan Mubaligh Ramadhan, Walikota Rudi Ajak Sampaikan Pesan Pembangunan dan Kerukunan

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam Haji Muhammad Rudi menghadiri kegiatan Pelepasan Mubaligh Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444H/2023M di Hotel Harmoni One Batam Center, Senin (20/3/2023) malam. Ratusan mubaligh yang dilepas adalah mereka yang akan mengisi berbagai kegiatan keagamaan selama Ramadhan tahun ini.

Wali Kota Rudi dalam pidato pengarahannya menyampaikan bahwa peran ulama terutama para mubaligh sangat strategis dalam menyampaikan pesan-pesan pembangunan kepada masyarakat. Terlebih di bulan Ramadhan, dimana kegiatan keagamaan berisikan tausiyah agama digelar secara luas oleh masyarakat di masjid-masjid.

“Saya berharap mubaligh dapat menyampaikan pesan-pesan pembangunan kepada masyarakat. Bahwa pembangunan Kota Batam ini untuk kesejahteraan kita semua,” ajak Wali Kota Rudi.

Dia pun memaparkan mengenai progres pembangunan Bandara Hang Nadim yang akan menjadi bandara yang indah dan moderen. Bandara yang dibangun dan dikelola bersama Incheon Internasional dari Korea Selatan itu, diperkirakan akan mampu menyedot hingga 40 juta pengunjung per tahun.

Selain itu juga pembangunan infrastruktur jalan yang dibangun lima lajur kiri dan lima lajur kanan. Terutama jalan dari Pelabuhan Batu Ampar hingga ke Nongsa melewati Bandara.

“Jika orang ramai berkunjung ke Batam. Dampak ekonominya ke Bapak dan Ibu masyarakat Batam. Orang yang datang, minimal mereka akan belanja untuk makan dan minum. Ini salah satu peluang usaha untuk masyarakat Batam,” tegas Wali Kota Rudi.

Namun Wali Kota Rudi juga menegaskan bahwa pembangunan tidak dapat dilakukan jika situasi Batam tidak kondusif. Untuk itulah dia sangat berharap para mubaligh memprioritaskan pesan-pesan keamanan dan kerukunan dalam materi dakwahnya.

Rudi juga mengucapkan selamat menyambut Ramadhan dan mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh masyarakat Batam, terutama para mubaligh. Dia juga memiliki harapan khusus agar mubaligh dapat turun berdakwah ke pulau-pulau.

“Saya mohon sekali agar ada yang turun ke pulau-pulau untuk memberikan tausiyah. Bisa ikut dengan rombongan safari Ramadhan, atau pun dengan cara langsung ke sana,” imbau Wali Kota Rudi.

Sementara itu Ketua Persatuan Mubaligh Batam (PMB) Ustad Suyono mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Rudi, yang mengapresiasi keberadaan mubaligh.

“Jumlah mubaligh se-Kota Batam sekitar 900. Mewakili teman-teman, kami mengucapkan terima kasih yang besar atas perhatian luar biasa Pak Wali terhadap mubaligh,” ungkap Suyono disambut tepukan para mubaligh yang hadir.

Apresiasi juga disampaikan kepada Baznas Kota Batam atas kemitraan dengan para mubaligh. Suyono juga mengapresiasi kemitraan dengan pihak kepolisian dan perbankan syariah.

“Saat ini kami sedang menyusun nomor baku mubaligh agar terdata dengan baik,” paparnya.

Dia pun meminta anggotanya untuk menyampaikan materi dakwah yang menyejukkan di kalangan jamaah. Para mubaligh yang memberikan tausiyah diimbau membangun semangat kesepahaman dan kekompakan dalam masyarakat.

“Ciptakan kerukunan dalam masyarakat sebagai upaya membantu pemerintah membangun Kota Batam ini,” pinta Suyono.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnaen Umar menggariskan kepada para mubaligh pantas bersyukur dimana tahun ini sudah normal setelah beberapa tahun terbatas akibat pandemi Covid-19. “Hindari perbedaan-perbedaan dalam masyarakat. Kepri ini indeks kerukunannya tahun 2022 terbaik nasional,” paparnya.

Dia juga meminta mubaligh mensosialisasikan program Kemenag mengenai sertifikat halal gratis untuk UMKM. Juga program membina kampung zakat dan badan usaha masjid.

Dalam kegiatan ini hadir pula Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina Rudi, Wakil Ketua DPRD Kepri Tengku Adrizal Dachlan, dan Wakil Ketua DPRD Kota Batam Muhammad Kamaludin, serta Ketua DPD Gerindra Kepri Iman Sutiawan. Hadir pula sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Pemko Batam.

Mungkin Anda juga menyukai