Selamat Hari Batik Nasional, Bangga Mengenakan Batik

Media Center Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus melestarikan batik di semua kalangan. Tujuannya, agar masyarakat makin bangga dan cinta menggenakan batik.

“Selamat Hari Batik Nasional. Mari kita jadikan batik sebagai identitas bangsa,” ujar Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, Jumat (2/10/2020).

Hari Batik Nasional, rutin dirayakan setiap 2 Oktober setelah memperoleh pengakuan dunia dari United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya dunia tak benda pada 2 Oktober 2009. Syamsul berharap warga Batam di semua kalangan makin mencintai Batik.

“Apalagi Batam sudah punya batik khas sendiri. Kita harus bangga,” ujarnya.

Untuk diketahui, batik merupakan sebuah teknik mendekorasi kain menggunakan lilin untuk menciptakan pola yang kompleks dan berwarna-warni. Kain dilukis dengan cairan lilin menggunakan alat bernama canting.

Batik Indonesia bahkan dikenal sejak abad ke-4 atau ke-5. Teknik dan desain batik Indonesia begitu banyak dan berbeda-beda dari berbagai daerah. Desain dan warna bervariasi sesuai dengan daerah dan budaya masing-masing tempat.

“Pemerintah juga terus menumbuhkan dan mempromosikan batik nasional maupun daerah agar makin dikenal,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai