Ingin Contoh Kemajuan Batam, Bupati Konawe Kepulauan Ajak OPD Belajar ke Pemko Batam

𝐌𝐂 𝐏𝐞𝐦𝐤𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Kota Batam kembali menjadi salah satu daerah yang menginspirasi daerah lainnya di Indonesia. Kali ini Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan yang ingin belajar di Pemko Batam.

Bupati Konawe Kepulauan, Amrullah memimpin langsung kunjungan kerja rombongan Kepala OPD dan DPRD Konawe Kepulauan ke Batam.

Dalam kunjungan Konawe Kepulauan itu, diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

“Sebelumnya, kami sampaikan permohonan maaf karena Bapak Wali Kota, H. Muhammad Rudi dalam waktu yang bersamaan tengah ada acara pembagian BLT untuk masyarakat,” kata Jefridin, Kamis (8/12/2022).

Namun disampaikannya bahwa Wali Kota Batam, Muhammad Rudi sangat menyambut baik kunjungan Bupati Konawe Kepulauan beserta OPD dan juga DPRD.

Bahkan, Kota Batam juga siap menjalin kerjasama dengan Kabupaten Konawe Kepulauan dalam berbagai bidang. Tujuannya tentu diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Batam maupun juga Kabupaten Konawe.

“Disini juga hadir Kabag Kerjasama Pemko Batam, jadi apa saja yang dapat kita kerjasamakan segera kami tindaklanjuti,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Jefridin memaparkan bahwa APBD Kota Batam saat ini sekitar Rp3,3 triliun. Dari angka tersebut sekitar Rp1,7 triliun bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang setiap tahunnya terus meningkat.

“Jadi kami bersyukur, PAD ini menyumbang cukup besar terhadap APBD Kota Batam,” katanya.

Hal itu tentunya tidak terlepas dari berbagai inovasi program optimalisasi PAD guna membiayai program pembangunan digagas oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang saat ini juga merupakan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam.

“Alhamdulillah juga BLT yang saat ini diberikan untuk masyarakat Kota Batam juga bersumber dari APBD kita,” kata Jefridin.

Sementara itu, Bupati Konawe Kepulauan, Amrullah mengatakan jika dibandingkan dengan daerahnya, Kota Batam sudah sangat jauh lebih maju. Terutama di bidang infastruktur maupun APBD nya.

Dijelaskannya bahwa Kabupaten Konawe Kepulauan adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia, dengan ibukota Langara, yang terletak di kecamatan Wawoni Barat.

“Kabupaten Konawe Kepulauan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Konawe. Kami berdiri pada tahun 2013 lalu,” kata Amrullah.

Tujuan kunjungan ke Batam tentu tidak lain adalah bagaimana program-program pembangunan Kota Batam nantinya juga dapat dilakukan di Kabupaten Konawe Kepulauan. Termasuk juga peningkatan SDM.

“Terimakasih Pak Sekda, karena kami telah diterima dengan baik di Batam. Tujuan kami tentu mendapatkan masukan dan arahan bagaimana kami mengelola Kabupaten Konawe Kepulauan ini,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai