Jaga Estetika Kota, Pemko Batam Tertibkan Iklan Tak Berizin di Pohon dan Taman

MC Pemko Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Perkimtan) Kota Batam melakukan penertiban iklan berupa spanduk, baliho,banner dan sejenisnya, pada Jumat (10/3/2023).

“Kegiatan ini masuk dalam agenda kegiatan pemeliharan taman. Targetnya adalah baliho, spanduk, banner yang tidak ada izinnya dari Bapenda Kota Batam, yang dipasang di pohon dan taman kota,” ujar Kabid Pertamanan dan Pemakaman, Dinas Perkimtan, Irwan Saputra.

Penertiban ini dilaksanakan oleh Dinas Perkimtan melalui Satgas Bidang Pertamanan dan Pemakaman Kota Batam, yang dikerjakan sejak 9 Maret kemarin dan akan terus dilakukan penertiban- penertiban serupa.

“Penertiban ini kita lakukan selain memang sudah menjadi tugas kita, juga sebagai bentuk menjaga estetika Kota Batam, dimana pembangunan saat ini juga sedang gencar dilakukan oleh Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk perwujudan dari Peraturan Daerah Kota Batan Nomor 9 tahun 2021 tentang Ketertiban Umum. Dimana iklan spanduk dan sejenisnya tersebut masuk dalam kategori mengotori dan merusak taman, jalur hijau dan tempat- tempat umum.

“Kita menertibkan banner dan poster yang terpasang di pohon- pohon dengan paku. Juga spanduk yang terpasang di taman dengan tali- tali yang menjuntai,” katanya.

Giat cabut banner yang tidak mengikuti ketentuan ini dilaksanakan di beberapa titik yang terpasang di pohon dan taman di Kota Batam. Adapun titik tersebut diantaranya, di taman Jalan Gajah Mada, Tiban Baru, Sungai Harapan, Patam Lestari, Tiban Indah, Tanjung Uma, Baloi Center, Jalan Ahmad Yani Muka Kuning, Jalan S. Parman Mangsang, Jalan S. Parman Kabil, Jalan Letjend Suprapto Kibing, Komplek Ruko Sanfransisco Kibing, Bukit Tempayan.

“Iklan- iklan yang kita tertibkan tersebut sebagian besar ialah yang berkaitan dengan bisnis. Sedangkan, untuk iklan sosial dan keagaman kita biarkan” ujarnya.

Pemerintah Kota Batam juga turut menghimbau kepada masyarakat untuk turut mendukung pemerintah dalam menjaga keindahan kota, dan menjaga taman serta pohon-pohon agar tetap tumbuh dengan baik dan tidak merusaknya.

Mungkin Anda juga menyukai