Upaya Tingkatkan SDM Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, 30 Pegawai Pemko Batam Ikuti Diklat dan Ujian Sertifikasi Kompetensi Level-1

MC Pemko Batam – Apresiasi dan harapan lulus 100 persen disampaikan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. ketika membuka Pendidikan Pelatihan (Diklat) dan Ujian Sertifikasi Kompetensi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Level-1 di Lingkungan Pemerintah Kota Batam, di santika hotel, Selasa (16/5/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh BKPSDM Pemko Batam bekerjasama dengan Pusat Diklat Nasional ini sendiri menghadirkan narasumber dari Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP RI Jakarta, Ir. Sutan Suangkupon Lubis, M.Sc. dan Kepala Pusat Diklat Nasional, Buyung Kurniawan, S.Pd.I., M.Pd.

“Atas nama Wali Kota Batam, Bapak Muhammad Rudi kami mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Pak Deputi serta Pak Kepala Pusdiknas, juga BKPSDM kita sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ujar Jefridin membuka sambutannya.

Menurut Jefridin, Pendidikan dan pelatihan ini sangat penting agar sumber daya manusia yang akan melaksanakan pengadaan barang/ jasa pemerintah memahami dan melaksanakan ketentuan sebagaimana diatur dalam Perundang- undangan.

“Dimana ini sesuai Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 bahwa pejabat pengadaan wajib memiliki sertifikat kompetensi di bidang pengadaan barang/ jasa paling lambat 31 Desember 2023,” terangnya.

Sehingga, dirinya berharap agar 30 peserta, yang terdiri dari pejabat eselon 3 sebanyak 7 orang, pejabat eselon 4 terdiri dari lurah sebanyak 2 orang, dan Kepala UPT serta dinas sebanyak 21 orang, dapat dengan serius mengikuti rangkaian pelatihan ini dari awal sampai akhir kegiatan.

“Kita doakan semoga ke- 30 orang yang mengikuti ini dapat sukses lulus 100 persen dan memiliki sertifikasi ini, untuk memenuhi kewajiban persayaratan. Pada narasumber tolong diberikat kiat- kiat agar seluruh peserta lulus dan mendapat pemahaman mengenai pengadaan barang dan jasa,” harap Jefridin.

Selanjutnya, kegiatan secara resmi dibuka yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. Adapun kegiatan sebelumnya, telah dilaksanakan secara online selama 10 hari sejak tanggal 2 Mei s.d. 12 Mei 2023 di OPD masing- masing. Kemudian dilanjutkan pertemuan tatap muka dari tanggal 16 Mei s.d. 18 Mei 2023 di Santika Hotel. Kemudian disambung dengan tryout pada 19 Mei dan ujian sertifikasi level-1 pengadaan barang/ jasa pada 20 Mei 2023 mendatang.

Mungkin Anda juga menyukai