12 Kwartir Ranting se-Kota Batam Siap Ikuti Seleksi Kontingen Batam Menuju Raimuna Nasional XII Tahun 2023 di Jakarta

MC Pemko Batam – Menuju Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 mendatang, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Batam melaksanakan seleksi peserta Tingkat Kota Batam.

Wali Kota Batam, sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kota Batam, Muhammad Rudi, yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kota Batam selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin Hamid membuka secara langsung kegiatan Seleksi Peserta Raimuna Nasional XII Kwartir Cabang Kota Batam, di Kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Batam, pada Sabtu (11/3/2023).

“Untuk itu, karena ini kegiatan bergengsi bagi Pramuka Penegak Pandega makanya harus diseleksi, untuk menjadi kontingen Batam haruslah benar-benar memiliki keterampilan dan berkualitas karena akan membawa nama baik Kota Batam di ivent nasional,” ujar Jefridin.

Raimuna Nasional XII Tahun 2023 ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 21 Agustus 2023 mendatang, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Dimana kegiatan ini sendiri menjadi salah satu kegiatan pertemuan terbesar untuk Pramuka Penegak dan Pandega tingkat nasional yang ditaja setiap lima tahun sekali.

“Adapun tujuan Raimunas XII ini untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan pramuka penegak dan pandega serta pemimpin terhadap penghayatan dan pengembangan kode kehormatan pramuka tri satya dan dasa dharma,” katanya.

Dimana jumlah calon peserta sebelum seleksi Raimuna Nasional XII tahun 2023 sebanyak 36 orang dari 12 Kwartir Ranting yang masing-masingnya mengirimkan 3 calon, ditambah 4 orang peserta dari Dewan Kerja Cabang (DKC) Batam. Dengan jumlah kontingen yang akan terpilih untuk berangkat sebanyak 8 putra dan 8 putri.

“Saya selaku Ketua Kwarcab Batam menekankan kepada panitia saya minta hasilnya minimal ada utusan per-kwarran satu orang. Ini pesertanya tiga, minimal yang lulus ada satu per-12 Kecamatan. Sehingga ada keterwakilan, jadi jangan khawatir untuk kwarran Galang, Belakang Padang dan lainnya tidak lulus. Namun, tetap harus berkualitas,” tegas Jefridin, disambut tepuk tangan.

Jefridin menyampaikan melalui Rainas XII ini merupakan kesempatan besar untuk membangun relasi dari berbagai daerah hingga dunia.

“Saya menjadi peserta Raimuna se-Indonesia dahulu tahun 1992 pada saat diperguruan tinggi, dan ada perwakilan negara tetangga serta dunia. Dari Inggris, Amerika dan sebagainya. Inilah kesempatan untuk membawa nama Batam dan berkenalan dengan rekan disana membangun networking,” ucap Jefridin.

Menurutnya perkemahan ini memberikan kreativitas, dimana diminta kepada para kontingen untuk menunjukkan kreatifitas atas nama Batam. Lalu, rekreatif dengan wisata berkeliling Jakarta. Kemudian produktif, dimana mengandung edukasi pendidikan.

“Sekali lagi kakak atas nama masyarakat Batam dan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menitipkan adik-adik semua mewakili Batam agar menjaga nama baik dan membawa nama Kota Batam,” ujar Jefridin.

Diketahui kebarangkatan 16 kontingen asal Batam yang akan mengikuti Raimunas Nasional XII di Jakarta nanti akan dibiayai yang bersumber dari APBD Kota Batam tahun 2023 melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga.

“Kalau sudah terpilih pertemukan kontingen dengan saya, kita berikan pemahanan jangan sampai tidak tahu mengenai Batam,” tegas Jefridin.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim seleksi peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023 Kota Batam saya nyatakan dibuka,” tutup Jefridin, di sambut dengan tapuk tangan meriah.

Mungkin Anda juga menyukai