Silaturrahmi dengan Warga Asal Sijunjung, Walikota Rudi Ajak Buka Usaha

πŒπ‚ 𝐏𝐞𝐦𝐀𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam Muhammad Rudi menghadiri silaturrahmi dengan masyarakat Kota Batam asal Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat di Ballroom Hotel PIH Batam Center, Minggu (18/12/2022). Kesempatan itu dimanfaatkan Rudi untuk mengajak warga mendukung pembangunan dan menangkap peluang ekonominya dengan cara meningkatkan semangat wirausaha.

Silaturrahmi Wali Kota dengan masyarakat asal Sijunjung ini berbarengan dengan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Kabupaten Sijunjung (IKKS) Kota Batam. Tampak hadir dalam kegiatan itu Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir. Sejumlah tokoh Batam asal Sumbar juga datang diantaranya Ketua IKSB Kota Batam Bapak Maryon dan Ketua DPD Partai Demokrat Kota Batam Muhammad Ichsan. Terlihat pula anggota DPD RI Bapak Dharma Setyawan.

Dalam sambutannya, Rudi juga memaparkan mengenai proyek strategis berupa pengembangan Bandara Hang Nadim dan pelebaran jalan-jalan protokol. Khusus Bandara yang sepenuhnya dibiayai swasta tanpa anggaran dari pemerintah itu, diperkirakan selesai tahun 2025. Bandara itu sendiri diperkirakan bisa menampung hingga 40 juta pengunjung dimana pengelola Bandara yang bekerjasama dengan Incheon Korea Selatan akan membuka sejumlah rute penerbangan baik nasional maupun mancanegara.

β€œBila Bandara ini selesai dan target pengunjungnya tercapai sudah tentu dampak ekonominya sangat besar sekali. Untuk itu saya minta, kita semua bersiap-siap apa yang harus kita buat dan apa yang kita lakukan, untuk menangkap peluang ini,” ajak Rudi.

Namun Rudi yakin warga Batam asal Sijunjung mampu memanfaatkan peluang tersebut. Hal ini mengingat warga Minang dikenal pandai berdagang sehingga dapat mencari inisiatif jenis usaha yang akan dilakoni. Terlebih bagi ibu-ibunya yang dikenal memiliki kemampuan membuat aneka jenis masakan.

β€œSebenarnya saya lebih senang banyak warga saya menjadi pedagang atau wirausaha dari pada jadi PNS. Suatu daerah akan lebih maju jika lebih banyak wirausaha dari pada PNS,” tegas dia.

Selain itu, Rudi juga mengaku sedang melakukan pelebaran jalan-jalan utama di Kota Batam. Salah satunya jalan dari Pelabuhan Kontainer Batu Ampar ke Nongsa melalui Bandara Hang Nadim. Jalan tersebut akan dibangun lima lajur kiri dan lima lajur kanan. Bahkan khusus dari Laluan Madani hingga Bandara akan ditambah jalur lambat dua lajur kiri dan kanan.

β€œBandara dan jalan ini kita bangun untuk mewujudkan Batam kota baru yang memberi kemajuan bagi warganya dan menjadi lokomotif ekonomi nasional,” papar Rudi disambut tepukan penuh semangat warga.

Rudi juga mengapresiasi terbentuknya pengurus IKKS Kota Batam. Diharapkan warga asal Sijunjung itu tetap kompak dan menjalin silaturrahmi yang positif dengan warga asal daerah lainnya di Kota Batam.

β€œMeski bapak ibu berasal dari Sijunjung tetapi bapak dan ibu adalah warga Kota Batam, warga saya. Jadi, bapak dan ibu jangan sering-sering pulang kampung nanti uangnya habis,” canda Wali Kota disambut gelak tawa warga yang hadir.

Mungkin Anda juga menyukai