Tutup Pelatihan Produktivitas, Walikota Rudi Ajak Peserta Tingkatkan Etos Kerja

πŒπ‚ 𝐏𝐞𝐦𝐀𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Walikota-Kepala BP Batam Haji Muhammad Rudi menutup Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi dan Pelaksanaan Pengukuran Produktivitas di Hotel PIH Batam Center, Senin (12/12/2022) siang. Kegiatan dengan peserta ratusan karyawan dari berbagai perusahaan di Batam itu digelar oleh Dinas Tenaga Kerja.

Dalam sambutan penutupan, Walikota Rudi meminta peserta mengaplikasikan pengetahuan yang didapat. Dengan demikian, pelatihan tersebut tidak sia-sia.

“Ke depan kita minta Dinas Tenaga Kerja untuk melatih dan memantau sampai pengaplikasiannya di lapangan. Jangan habis pelatihan, selesai begitu saja,” pinta Walikota Rudi.

Dia juga mengapresiasi pelaksanaan pelatihan tersebut, dan diharapkan peserta memiliki pengetahuan dan semangat yang lebih tinggi dalam meningkatkan produktivitas. Menurutnya, kemajuan pribadi dan bangsa sulit diraih tanpa semangat dan etos kerja yang tinggi.

Terlebih, sambung Walikota, saat ini Batam sedang gencarnya membangun untuk menuju kota baru yang moderen. Pembangunan tersebut diharapkan memberi dampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Bandara Hang Nadim sedang dikembangkan menjadi bandara yang moderen. Perkiraan kita bisa menampung 40-50 juta penumpang tiap tahun karena akan banyak rute penerbangan dibuka, ” paparnya.

Tingginya kunjungan orang ke Batam nanti, kata Walikota Rudi, hendaknya dimanfaatkan optimal oleh warga Batam, termasuk peserta pelatihan. Caranya, dengan membuka berbagai usaha baik kuliner dan jasa lainnya sehingga orang semakin tertarik ke Batam.

“Mulailah dari sekarang, usaha apa yang mau dijalankan. Kalau pun sudah ada pekerjaan tetap, tapi cobalah untuk membuka usaha sehingga ada dua sumber pendapatan. Jika sumber pendapatan satunya bermasalah, masih ada sumber pendapatan lain. Ini salah satu bentuk etos kerja yang tinggi,” tambah Walikota Rudi.

Menurutnya, etos kerja harus dibekali pengetahuan sebab itu, para peserta diminta terus-menerus meng-upgrade diri dengan berbagai pengetahuan di bidang usaha. “Sekali mencoba, gagal, dua kali mencoba gagal, tiga kali mencoba kalau gagal lagi perlu dipelajari dan dijalani lebih serius, ” ungkap Walikota.

Selain Bandara, Walikota Rudi juga memaparkan progres pembangunan jalan-jalan utama dan Pelabuhan Kontainer Batu Ampar. Kesemuanya diharapkan memberi dampak ekonomi yang dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat Batam.

Mungkin Anda juga menyukai