𝗔𝘆𝗼 𝗠𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗜𝗸𝗮𝗻, 𝗕𝗮𝗶𝗸 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗞𝗲𝘀𝗲𝗵𝗮𝘁𝗮𝗻

* Wagub Marlin Sosialisasi Gemarikan

𝐌𝐂 𝐏𝐞𝐦𝐤𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina Rudi mengajak masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk kesehatan tubuh dengan segala khasiat yabg dikandungnya.

“Nutrisi ikan sangat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Asupan proteinnya pun sangat penting dalam mencegah stunting,” kata Wagub Marlin saat menghadiri Sosialisasi Gemar Makan Ikan (Gemarikan) Bagi Masyarakat/Rumah yang Beresiko Stunting di Golden Prawn Bengkong, Kota Batam, Jumat (4/11).

Ketua TP PKK Kota Batam ini menyampaikan bahwa gemar makan ikan harus dikenalkan sejak dini. Anak-anak harus tahu dan mencoba ikan ikan itu untuk dikonsumsi.

Karena itu, Wagub Marlin menyarankan agar ikan-ikan untuk konsumsi anak diolah dan dikreasikan dalam berbagai model. Sehingga, anak-anak semakin menyukainya dan budaya makan ikan dalam keluarga terus meningkat.

“Dengan mengonsumsi ikan diharapkan semakin meningkatkan derajat kesehatan. Tentu juga mendukung program pencegahan dan penurunan stunting,” kata Ketua GOW Kota Batam ini.

Menurut Wagub Marlin, Kepulauan Riau sangat kaya dengan sumber protein dari ikan ini. Apalagi, Kepri memiliki luas lautan hingga 96 persen. Tentu potensi ini sangat menguntungkan Kepri.

Cuma, kata Wagub Marlin, di beberapa daerah di Kepri, ada yang kasus stuntingnya masih tinggi. Karena itu, Marlin pun berpesan kepada masyarakat Kepri untuk semakin rajin mengkonsumsi ikan.

Dalam sosialisasi ini, hadir M Hade Mahadir, (chef live cooking) corporate excecutive chef PT Nuda Adventur Global Manajemen. Marlin menyampaikan kreasi-kreasi itu akan semakin banyak dihasilkan, sehingga minat anak pada ikan semakin besar.

Sosialisasi ini juga mendatangkan Dr Brain Guntoro, M.gizi, ahli gizi dari RP BP Batam. Kolabosari ahli gizi dan chef, diharapkan semakin banyak kreasi dari olahan ikan. Kreasi yang bergizi.

“Kita datanglan ahli gizinya dan chef. Biar olahannya semakin bergizi dan menarik minat anak-anak,” kata Wagub Marlin.

Pada kesempatan ini, Marlin memyampaikan dirinya pun kalau berkunjung ke berbagai daerah, juga makan ikan yang menjadi ciri khas daerah-daerah tersebut. Dalam dua pekan terakhir, Marlin memang berkeliling ke Kabupaten Karimun, Natuna dan Lingga untuk berbagai agenda.

Di Karimun, Marlin berburu ikan lome. Di Natuna, ikan asap yang diolah masyarakat merupakan menu yang tak boleh dilupa. Demikian pula olahan adam pedas di Dabo, Lingga.

“Potensi dan kreasi di daerah seluruh Kepri juga banyak. Harus kita kembangkan dan manfaatkan,” kata Ketua PIKORI BP Batam ini.

Mungkin Anda juga menyukai