Gandeng Gojek, Marlin Launching Program IKM Batam Go Digital

Media Center Batam – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekransada) Kota Batam, Marlin Agustina Rudi bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag) Kota Batam menggandeng Gojek (PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa) melaunching sebuah inovasi baru yaitu Program IKM Batam Go Digital,di Alun –alun Engku Putri, Batam Centre, Jum’at (12/06/2020).

Program ini bertujuan untuk membantu Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Batam dalam promosi dan penjualan pada masa Pandemi Covid-19. Dengan demikian para pelaku IKM dapat beradaptasi dengan sistem promosi dan penjualan secara online. Dimana IKM Kerajinan melalui Go Shop dan IKM Makanan melalui Go Food.

Kepala Dinas Perindag Kota Batam, Gustian Riau melaporkan sebelum Program IKM Batam Go Digital di launching, telah dilaksanakan pelatihan terlebih dahulu selama 2 (hari) pada tanggal 11 – 12 Juni 2020 di Gedung Dekranasda Kota Batam.
Tentu acara pelatihan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan ; menjaga jarak, menggunakan masker dan mengukur suhu tubuh sebelum mengikuti acara.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini sejumlah 150 peserta pelaku IKM dimana dibagi menjadi 5 sesi acara.

“IKM di Kota Batam sangat terpengaruh dengan pandemik ini (Covid-19) untuk meningkatkan penjualan pelaku UKM dan IKM di Kota Batam Dekranasda dan Disperindag menggandeng Gojek, Alhamdulillah disambut baik oleh Gojek dan hari ini dapat kita launching” Jelas Gustian.

Senada dengan Gustian, Marlin mengakui bahwa pandemik ini sangat mempengaruhi pendapatan para pelaku IKM dan UKM di Kota Batam. Khususnya para pedagang oleh – oleh dimana pendapatannya dipengaruhi kunjungan wisatawan manca negara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus).

Marlin berterima kasih atas kerjasama dukungan dari Gojek dalam membantu para UKM dan IKM di Kota Batam. Dimana kondisi saat ini sangat tepat untuk memulai mengajak para pelaku usaha untuk lebih mengenal pemasaran dan penjualan melalui digital.

“Covid ini tidak dapat kita pungkiri sangat mempengaruhi para pelaku IKM – IKM di Kota Batam tetapi kita tidak boleh down, kita ambil sisi positifnya saat ini kita bergerak ke digital (online) dimana lebih efisen dan efektif” ujar Marlin.

“Kita mulai menghidupkan perekonomian melalui IKM – IKM di Kota Batam melalui online tetapi harus tetap menerapkan protokol – protokol kesehatan yang telah di tentukan”tegas Marlin.

Selanjutnya Istri Walikota Batam, Muhammad Rudi menyaksikan penandatangan Nota kesepahaman (MoU) antara Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kota Batam oleh Gustian Riau dan Gojek (PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa) yang ditanda tangani oleh District Head Gojek Batam, David Riston.

Mungkin Anda juga menyukai