Bertemu Rudi, McDermott Pastikan Tidak Pailit

Media Center Batam – PT McDermott Indonesia memastikan tidak dalam kondisi pailit. Hal ini disampaikan langsung kepada Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi dalam pertemuan dengan jajaran manajemen PT McDermott Indonesia di Batuampar, Rabu (29/1).

“PT McDermott Indonesia memastikan tidak terjadi pailit pada perusahaan. Kami hanya merestrukturisasi keuangan perusahaan,” tutur Senior Director of Batam Fabrication PT McDermott Indonesia, Stephen Thibodeaux.

Ia menjelaskan, restrukturisasi keuangan PT McDermott Indonesia sedang dalam proses penyelesaian melalui Chapter 11 Undang-Undang Amerika (Chapter 11 of Federal Bankruptcy Law).

Perusahaan memastikan semua proyek serta operasi pelanggannya akan terus berjalan tanpa hambatan selama restrukturisasi. Perusahaan akan tetap membayar upah karyawan, tunjangan kesehatan dan kesejahteraan. Serta semua pemasok akan dibayar penuh selama restrukturisasi.

Selain itu, tidak akan ada perubahan berskala masif yang terjadi selama masa restrukturisasi. Proyek-proyek akan tetap berjalan seperti biasa.

“Kami menargetkan dalam kurun waktu empat bulan ke depan permasalahan finansial ini dapat teratasi dan kinerja PT McDermott Indonesia kembali prima secara menyeluruh,” ujarnya.

Pada awal 2018, PT McDermott Indonesia sempat mengalami degradasi menjadi 300 pegawai. Namun dengan masuknya delapan proyek dari Qatar Gas, PT McDermott Indonesia mampu mendongkrak karyawan hingga 6.100 karyawan. Dan akan meningkat menjadi 8.000 pegawai.

“Para pegawai tersebut didominasi tenaga kerja yang berdomisili di Batam dan sebagian kecil lainnya merupakan tenaga kerja ahli yang berasal dari beberapa daerah lainnya di Indonesia,” kata dia.

Sementara itu, NFE Offshore Senior Project Manager Qatar Gas, Robert Faulds mengatakan proses pengerjaan delapan proyek ini akan berlangsung sampai dengan 2022. Namun, pihaknya berharap kerja sama jangka panjang dengan PT McDermott Indonesia dapat terus berlangsung hingga 2025 mendatang.

Usai pertemuan, Wali Kota sekaligus Kepala BP Batam, Muhammad Rudi menyempatkan diri untuk meninjau proyek yang sedang berlangsung. Kepada manajemen, Rudi berharap agar langsung menghubungi pemerintah apabila ada kendala. Pemerintah akan langsung menangani kendala investasi tersebut.

”Kepada karyawan McDermott agar tidak khawatir dengan isu pailit. Manajemen sudah berkomitmen, masalah restrukturisasi keuangan akan diselesaikan dalam empat bulan. Bekerja saja seperti biasa,” pesannya.

Mungkin Anda juga menyukai