KPU Buka Pendaftaran Seleksi PPK

Media Center Batam – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam akan membuka pendaftaran panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020. Pendaftaran akan dibuka pada 18 Januari.

“Untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kepri dan Wali Kota-Wakil Wali Kota Batam ini kita membutuhkan 60 PPK. Tiap kecamatan 5 anggota PPK,” kata Komisioner KPU Batam, William Seipattiratu di Sekupang, Rabu (15/1).

Syarat pendaftar yaitu warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun. Calon pendaftar harus berdomisili di wilayah kerja PPK. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari penyalahgunaan narkotika.

“Pelamar harus melampirkan surat keterangan dari Puskesmas. Kemarin kita sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Pendidikan pendaftar minimal setingkat Sekolah Menengah Atas. Pelamar harus bisa menguasai microsoft excel karena dibutuhkan saat input hasil penghitungan suara.

Calon PPK juga harus mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur, dan adil. Serta tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Ia berharap proses tahapan hingga pemilihan nanti bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu diperlukan anggota PPK yang memahami setiap tahapan.

“Nanti mereka akan diberi bimtek (bimbingan teknis). Tahun ini harus lebih fokus. Kami sangat ingin Pilkada ini sukses, jadi bimteknya harus serius. Kalau semua paham tugasnya, proses akan berjalan sesuai jadwal,” kata Willi.

Mungkin Anda juga menyukai