1.000 Wisatawan Kunjungi Pulau Abang di 2019

Media Center Batam – Wisata bahari Pulau Abang merupakan salah satu andalan Kota Batam. Pulau yang terletak di Kecamatan Galang ini dikunjungi hingga 1.000 wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Sepanjang 2019 tercatat kunjungan WNI sebanyak 600 orang dan WNA 400 orang,” kata Pengelola Kawasan Wisata Pulau Abang, Zakaria, Rabu (15/1).

Menurutnya wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Pulau Abang berasal dari berbagai negara. Sebut saja Singapura, Malaysia, Thailand, Tiongkok, India, Australia, higga Brazil.

Berbagai kegiatan dapat dilakukan di Pulau Abang. Di antaranya snorkeling dan diving. Wisatawan bisa menikmati keindahan bawah laut dan berenang di antara biota-biota di dalamnya.

Selain berpetualang di laut, pengunjung juga dapat menikmati suasana pantai yang indah. Zakaria mengatakan pengunjung biasanya makan dan minum kelapa sambil menikmati suasana pantai.

“Untuk menarik pengunjung kita juga sering mengadakan kegiatan,” ujarnya.

Tahun ini, di momen hari kemerdekaan nanti, rencananya akan diadakan penanaman terumbu karang, pembentangan bendera merah putih di laut, serta pasar tradisional.

“Kami juga akan menanam mangrove yang berlokasi di ujung Pulau Abang. Sehingga pengunjung bisa mengelilingi pulau ini,” kata dia.

Pemerintah Kota Batam menurutnya sangat membantu pengembangan Pulau Abang sebagai destinasi wisata. Program yang sudah dijalankan antara lain pelatihan dan sertifikasi selam bagi warga sekitar. Harapannya mereka dapat menjadi pemandu diving bagi wisatawan kelak.

“Ada 100 pemandu wisata kita yang sudah dapat sertifikat diving. Tapi perlu sertifikasi tingkat lanjut, sekaligus perlu pelatihan cara berinteraksi dengan tamu,” sebut Zakaria.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan pelaku wisata dapat mengikuti pelatihan yang digelar pemerintah. Jenis pelatihannya pun beragam sesuai bidang.

“Pelatihan dari Disbudpar tahun ini pelaksanaannya dijadwalkan mulai bulan Februari, sampai November mendatang,” kata Ardi.

Mungkin Anda juga menyukai