Gelar Kongres ke-3, IAP Kepri Bentuk Kepengurusan Baru

Media Center Batam – Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Kepri akan menyusun kepengurusan baru untuk periode 2020-2023. Pembentukan kepengurusan ini akan dilaksanakan dalam Kongres III IAP Kepri.

“IAP Kepri akan menggelar kongres ke-3 di Batam pada hari Sabtu, 11 Januari,” kata Ketua IAP Kepri, Suratno di Batam Centre, Kamis (9/1).

Ia menjelaskan IAP adalah organisasi profesi yang berfungsi sebagai wadah bagi para Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota. Saat ini Anggota IAP Kepri yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap untuk bisa ikut kegiatan kongres telah mencapai hampir seratus orang.

Anggota IAP Kepri ini berkonsentrasi menetap di Kota Tanjungpinang dan Kota Batam serta tersebar di beberapa kabupaten yang ada di Kepri. Dengan beragam latar belakang profesi seperti pegawai pemerintahan di provinsi dan kabupaten/kota wilayah Kepulauan Riau, praktisi konsultan, akademisi, swasta, dan wiraswasta.

Pendaftaran Anggota IAP Kepri telah dilakukan pada 12 November-12 Desember 2019. Proses registrasi keanggotaan dilakukan secara daring. Sementara pendaftaran untuk menjadi Calon Ketua IAP Kepri yaitu pada 19-22 Desember 2019.

“Tantangan terbesar untuk kepengurusan IAP Kepri periode 2020-2023 adalah bagaimana menguatkan peran organisasi IAP Kepri. Agar dapat bersinergi dengan pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah Kepulauan Riau dalam menyusun rencana-rencana pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan. serta berkolaborasi dan bermitra dengan berbagai institusi baik pemerintah, swasta, LSM, dan asosiasi-asosiasi profesi lain yang terkait,” paparnya.

Pada kongres kali ini, tema yang diangkat yaitu “Peran dan Penguatan IAP Kepulauan Riau dalam Perencanaan Pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau”. Ketua Pelaksana adalah Alpano Priyandes. Sementara Ketua Pemilihan Kongres, Yoseph Seno Prakoso.

“Rangkaian kegiatan Kongres Provinsi IAP Kepulauan Riau ini juga diisi dengan talkshow yang membahas isu-isu strategis dalam perencanaan wilayah dan kota di Provinsi Kepulauan Riau,” tutur Suratno.

Adapun pembicara yang akan mengisi talkshow ini adalah Ketua Umum IAP Nasional Hendricus Andy Simarmata, Kepala Bapelitbangda Kota Batam Wan Darussalam, Pengamat Perkotaan Yayat Supriatna. Dan yang bertindak selaku moderator adalah akademisi Mohamad Gita Indrawan.

Mungkin Anda juga menyukai