Amsakar: Pemko Batam Berterima Kasih ke Kader Posyandu

Media Center Batam – Posyandu Bougenville 2 Perumahan Taman Sari Hijau Kelurahan Tiban Baru Kecamatan Sekupang diresmikan, Kamis (9/1). Ketua Posyandu Bougenville 2, Susan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Batam atas bangunan baru tersebut.

“Sasaran balita kita 200 orang. Tapi yang datang lebih. Kami harap bisa dibangun lebih besar. Ruangan ini tetap kita pakai untuk kegiatan posyandu tiap bulannya,” kata Susan di hadapan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Amsakar yang meresmikan Posyandu mengatakan semestinya pemerintah yang berterima kasih kepada para kader Posyandu. Karena di tangan kader, anak bangsa mulai dibentuk karakternya.

“Pemko Batam yang berterima kasih pada ibu-ibu kader karena memang di tangan ibu-ibu inilah anak bangsa kita mulai dibentuk,” kata Amsakar.

Pada 2030-2035 Indonesia dikatakan akan memiliki bonus demografi. Saat itu komposisi penduduk usia produktif mencapai 60-70 persen. Artinya perlu diberi perhatian serius terhadap aspek kesehatannya sejak dini.

“Untuk mengukur IPM (indeks pembangunan manusia), kita harus lihat kesehatan, pendidikan, baru pendapatan. Jadi kesehatan memainkan peran penting. Mudah-mudahan posyandu kita ini memberi arti dan makna bagi kota kita,” kata dia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, terdapat 501 Posyandu di Batam. Tiap posyandu memiliki sedikitnya 7 kader. Artinya ada lebih dari 3.500 kader posyandu yang ikut berperan menjaga kesehatan anak di Kota Batam.

“Kami berbahagia karena ibu yang berperan sebagai kader tak peduli dengan persoalan angka yang didapat. Honor Rp200 ribu memang cukup kecil, tidak imbang. Tapi kehadiran ibu-ibu ini alhamdulillah bekerja ikhlas menyumbang waktu dan tenaga untuk mengawal dan menjaga anak-anak kita ke depan,” tutur Amsakar.

Sejak kemarin, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam sudah meresmikan 6 posyandu baru. Pada Rabu (8/1), Wali Kota Batam Muhammad Rudi meresmikan Posyandu Anggrek 25 di Tanjungtritip Kelurahan Tanjunguma Kecamatan Lubukbaja, Posyandu Anggrek XXII Griya Pelita Mas Kelurahan Pelita Kecamatan Lubukbaja, dan Posyandu Kaveling Seitering Kecamatan Batuampar.

Peresmian posyandu oleh Wali Kota berlanjut pada Kamis (9/1) pagi di Perum Puri Asri Batubesar Kecamatan Nongsa. Kemudian siang dan sore hari giliran Wakil Wali Kota yang meresmikan posyandu di Tiban Baru dan Patam Lestari Kecamatan Sekupang.

Mungkin Anda juga menyukai